Kerap Diabaikan, Bentuk Jari Berubah Kemungkinan Tanda Kanker Paru-Paru


Sabtu, 26 September 2020 - 18:59:57 WIB
Kerap Diabaikan, Bentuk Jari Berubah Kemungkinan Tanda Kanker Paru-Paru ilustrasi kanker paru-paru

HARIANHALUAN.COM - Tanda-tanda kanker paru-paru dapat berupa batuk darah, nyeri dada saat bernapas, kehilangan nafsu makan, dan kelelahan ekstrem. Tapi, ada tanda  yang kurang diperhatikan di mana terletak pada jari-jari. Melansir dari Express, memiliki jari tabuh atau clubbing finger bisa menjadi tanda penyakit paru-paru. Clubbing finger sendiri adalah suatu kondisi di mana bentuk jari dan kuku tangan atau kaki terlihat membulat. 

Clubbing finger disebabkan karena adanya penambahan jaringan ikat yang terjadi pada bagian jaringan lunak di dasar kuku yang berkaitan dengan kekurangan oksigen kronik atau hipoksia kronik. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, National Institutes of Health Amerika Serikat, Institut Kesehatan Nasional menyebutkan bahwa clubbing finger terkait dengan berbagai penyakit kronis. 

“Kondisi ini pertama kali dijelaskan oleh Hipokrates sejak hampir 2500 tahun yang lalu pada pasien empiema, sehingga sering kali disebut jari hipokrates. Clubbing finger terkait dengan berbagai kondisi klinis termasuk bronkiektasis, kanker paru-paru, sirosis hati, penyakit jantung bawaan sianotik," ungkap para peneliti. 

Menurut Cancer Research Inggris, clubbing finger diduga disebabkan oleh pengumpulan cairan dalam jaringan lunak di ujung jari. “Ini disebabkan oleh lebih banyak darah yang mengalir ke daerah tersebut daripada biasanya," imbuhnya. 

Para peneliti tidak bisa memastikan penyebab darah yang mengalir terlalu banyak ke daerah tersebut. Namun mungkin disebabkan oleh tumor yang memproduksi bahan kimia atau hormon tertentu. Orang yang mengalami clubbing finger, saat menyatukan jari mungkin tidak akan ada celah di antara jari-jari mereka. "Ini adalah gejala yang relatif umum dari jenis kanker paru-paru tertentu, sebanyak 35 persen pasien mengalaminya," catat para peniliti. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 April 2020 - 22:43:45 WIB

    Ini Penyebab Kenapa Pria Kerap Ereksi di Pagi Hari

    Ini Penyebab Kenapa Pria Kerap Ereksi di Pagi Hari JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hampir setiap pria pasti pernah mengalami ereksi di pagi hari setelah bangun tidur dan itu adalah hal yang wajar. Tetapi mengapa ereksi tersebut bisa terjadi?.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 06:23:00 WIB

    Ini Tiga Hal Penularan Corona yang Kerap Diabaikan Masyarakat

    Ini Tiga Hal Penularan Corona yang Kerap Diabaikan Masyarakat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah pandemi global virus corona atau COVID-19, pemerintah mengimbau untuk masyarakat Indonesia mewaspadai sumber penularannya. Hal ini guna menekan jumlah penyebaran virus corona di Indon.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]