Pilkada Serentak, Dharmasraya Dipimpin Plt, 4 Daerah Lainnya Masih Kada Lama


Sabtu, 26 September 2020 - 17:28:18 WIB
Pilkada Serentak, Dharmasraya Dipimpin Plt, 4 Daerah Lainnya Masih Kada Lama Kepala Biro Pemprov Sumbar, Iqbal Rama Dipayana

HARIANHALUAN.COM - Bupati dan Walikota yang ikut bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020 mengambil cuti selama masa kampanye. Dengan begitu, kursi mereka akan ditinggalkan sementara.

Agar roda pemerintahan tetap berlancar normal, Pemprov Sumbar telah menunjukkan sejumlah pejabat tinggi pratama untuk mengisi posisi Kepala Daerah (Kada) dengan Pejabat Sementara (Pjs).

Begitu juga bagi daerah yang Wakil Bupatinya tidak ikut bertempur di alek demokrasi lima tahunan tersebut, maka otomatis sang Wakil Bupati menjadi Pelaksana Tugas (Plt). Seperti di Kabupaten Dharmasraya, Bupati Sutan Riska maju Pilkada dan Wakil Bupatinya tidak ikut. Artinya, kursi BA 1 V diduduki Amrizal Datuak Rajo Medan.

Sementara 4 (empat) daerah lainnya masih tetap diemban pemimpin lama lantaran Kadanya tidak maju dalam pesta demokrasi tahun ini. Empat daerah itu, adalah Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kepala Biro Pemprov Sumbar, Iqbal Rama Dipayana menjelaskan, apabila Bupati cuti maka secara otomatis kedudukannya digantikan oleh Wakil Bupati sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati. Seperti di Dharmasraya.

"Jadi di Dharmasraya Bupatinya ikut Pilkada, sementara Wakil Bupatinya tidak ikut. Otomatis Wakil Bupatinya jadi Plt Bupati Dharmasraya," terang Iqbal kepada Harianhaluan.com, kemarin.

Iqbal menyebutkan, ada 13 kabupaten/kota yang ikut Pilkada. Delapan daerah diantaranya telah ditunjuk Pjs untuk menggantikan kepala daerah yang turun pada pesta demokrasi lima tahunan. Sedangkan daerah lainnya Kepala Daerah (Kada) tidak ikut.

"Seperti Pasaman Kada/Wakada tidak ikut, Kabupaten Solok Kada tidak ikut, Sijunjung Kada tidak ikut, Limapuluh Kota Kada tidak ikut. Sementara, Dharmasraya Wakada tidak ikut dan otomatis jadi Plt," sebut Iqbal.

Iqbal menuturkan, cuti dimulai tanggal 26 September sampai 5 Desember mendatang. Selanjutnya, Wakil Bupati Dharmasraya akan mengisi kekosongan jabatan itu sebagai Plt Bupati. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]