Surat Nikah dan Cerai Sukarno-Inggit Diperjualbelikan di Media Sosial


Sabtu, 26 September 2020 - 13:48:39 WIB
Surat Nikah dan Cerai Sukarno-Inggit Diperjualbelikan di Media Sosial Surat Nikah dan Cerai Sukarno-Inggit Diperjualbelikan di Media Sosial

HARIANHALUAN.COM - Dua dokumen milik Presiden pertama RI Ir. Sukarno dan Inggit Garnasih, menggemparkan jagat maya karena diperjualbelikan. Diketahui, dokumen tersebut adalah surat nikah dan surat cerai Sukarno dan Inggit Garnasih.

Adalah akun akun instagram @popstoreindo pada Kamis 24 September 2020, mengunggah surat keduanya. Menurut akun tersebut, kedua surat itu dijual seorang yang dituliskan sebagai cucu Inggit.

"Seorang bapak di Bandung menawarkan surat nikah dan surat cerai asli Presiden pertama RI Ir. Sukarno dan Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit," tulis akun @popstoreindo.

Popstoreindo mengaku terkejut karena kedua dokumen tersebut dinilainya sangat bersejarah. Popstoreindo menambahkan, dalam dokumen tersebut ada fakta terungkap siapa saksi cerai keduanya.

"Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini, baru tahu juga ternyata yang jadi saksi cerainya Bung Karno dan Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara dan KH. Mas Mansoer," beber Popstoreindo.

Unggahan Diduga Dihapus

Namun demikian, unggahan terkait hal tersebut diduga kini dihapus oleh Popstoreindo. Liputan6.com hendak mengonfirmasi hal tersebut, Sabtu 26 September 2020.

Namun hingga pukul 09.00 WIB, belum bisa terhubung dengan kontak Popstoreindo yang tertera di akun Instagramnya.

Dalam catatan sejarah, Soekarno menikah dengan Inggit pada tahun 1923 dan bercerai bertahun 1943. Soekarno menikahi Inggit dengan jarak usia lebih muda terpaut 13 tahun, ketika dia masih menempuh pendidikan tinggi di ITB. (*)

loading...
 Sumber : Liputan6.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]