Begini Cara Cek Dapat Atau Tidak Bantuan Gaji Rp600 Ribu


Sabtu, 26 September 2020 - 12:44:22 WIB
Begini Cara Cek Dapat Atau Tidak Bantuan Gaji Rp600 Ribu Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan, dari target 15,7 juta pekerja penerima bantuan atau subsidi gaji Rp600 ribu per bulan, hingga kini sudah cair kepada sekitar 8,822 juta pekerja. Pencairan baru dilakukan untuk gelombang I tahap IV saat ini.

Data pekerja yang digunakan adalah data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Pekerja yang merupakan peserta BPJS akan mendapatkan subsidi jika gajinya di bawah Rp5 juta.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan, bagi pekerja yang memenuhi syarat menjadi penerima dan belum mendapatkan bantuan ini harap bersabar. Sebab, penyalurannya dilakukan secara bertahap.

Menurut Ida, para pekerja yang masuk kriteria penerima juga bisa mengecek langsung apakan mereka mendapatkan bantuan tersebut. Dia memastikan penyalurannya akan transparan.

"Masyarakat pekerja atau buruh yang ingin mengecek informasi dapat tidaknya subsidi, bisa mengunjungi Sisnaker Kemenaker di www.kemenaker.co.id atau melalui aplikasi Sisnaker yang dapat diunduh," ujar Ida dalam konferensi pers secara virtual, dikutip Sabtu 26 September 2020.

Tak hanya itu, pekerja atau buruh pun bisa mengadukan apabila dia tidak masuk dalam daftar itu. Padahal, pekerja itu masuk kriteria yang telah ditetapkan pemerintah.

"Adapun bagi masyarakat pekerja atau buruh yang ingin bertanya atau mengadukan permasalahan subsidi gaji dapat mengakses bantuan.kemenaker.go.id," tambahnya.

Lebih lanjut Ida menegaskan, bantuan ini merupakan salah satu upaya pemerintah memulihkan ekonomi nasional akibat pandemi Virus Corona atau COVID-19. Para penerima pun diharapkan menggunakannya dengan baik, salah satunya membelu produk usaha kecil dan menengah (UMKM).

"Kami berharap bantuan pemerintah digunakan untuk membeli kebutuhan dan produk dalam negeri dan UMKM," tambahnya. (*)

loading...
 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 12:54:41 WIB

    Vaksin Covid-19 Gratis untuk Rakyat? Begini Kata Jokowi

    Vaksin Covid-19 Gratis untuk Rakyat? Begini Kata Jokowi HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tanggung jawab pengadaan vaksin harus jelas ditentukan sejak dini. Pun dengan pengadaan vaksin Covid-19 gratis untuk rakyat akan menjadi urusan Menteri Kesehatan (M.
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 14:46:49 WIB

    Jangan Keliru, Begini Alur Pelayanan Pasien Covid-19 Sesuai Gejala

    Jangan Keliru, Begini Alur Pelayanan Pasien Covid-19 Sesuai Gejala HARIANHALUAN.COM - Seseorang dari zona merah atau kontak dengan pasien positif COVID-19 termasuk suspek yang kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab. Jika hasilnya positif, penatalaksanaan pasien dilakukan berdasarka.
  • Kamis, 15 Oktober 2020 - 12:01:09 WIB

    Begini Penjelasan Polisi soal Daftar Hitam SKCK buat Pelajar yang Ikut Demo

    Begini Penjelasan Polisi soal Daftar Hitam SKCK buat Pelajar yang Ikut Demo HARIANHALUAN.COM - Pihak Kepolisian Resor Kota Tangerang menyebutkan, bila para pelajar yang diamankan karena hendak melakukan aksi unjuk rasa dalam penolakan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja, akan dicatat dalam catatan .
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 08:06:40 WIB

    Jakarta Bakal PSBB Ketat Lagi? Begini Kata IDI

    Jakarta Bakal PSBB Ketat Lagi? Begini Kata IDI HARIANHALUAN.COM - Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengatakan, DKI Jakarta harus siap menarik rem darurat kembali. Pengetatan PSBB lagi, kata dia, sangat mungkin terjadi mengingat ada.
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 07:47:02 WIB

    Begini Saran Hotman Paris untuk Jokowi Terkait UU Ciptaker

    Begini Saran Hotman Paris untuk Jokowi Terkait UU Ciptaker HARIANHALUAN.COM - Pengacara senior Hotman Paris memoberi masukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyelesaian perkara perselisihan perusahaan dan pesangon buruh. Masukan ini merupakan buntut dari isu penolakan U.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]