Minta Pulang Paksa dari Rumah Sakit Gegara BPJS Menunggak, Andre Rosiade Bantu Biaya Pengobatan Pengasong Racun Tikus


Sabtu, 26 September 2020 - 12:24:40 WIB
Minta Pulang Paksa dari Rumah Sakit Gegara BPJS Menunggak, Andre Rosiade Bantu Biaya Pengobatan Pengasong Racun Tikus Tim AR Center Nurhaida dan Alwis Ray menyerahkan bantuan dari Andre Rosiade kepada Asnita di Marapalam, Padang Timur, Jumat (25/9). Sang suami sedang terbaring di rumah karena sakit liver.

HARIANHALUAN.COM -- Hati Asnita (53) risau alang-kepalang. Sang suami Aria Suhandi (57), tak ingin lagi terbaring di ranjang rumah sakit akibat penyakit liver yang dideritanya. Sepekan terakhir, pedagang racun tikus di Pasar Raya Padang itu terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Namun sayang, dana berobat, transportasi dan biaya sehari-hari tak dapat dielakkan. Dia akhirnya pulang paksa.

Kini, Aria hanya bisa berbaring di rumah kontrakan kayunya di  RT 4 RW 5 Marapalam Indah, Kubu Marapalam, Kecamatan Padang Timur. Sementara Asnita, adalah seorang pekerja di sebuah kantin di kawasan Lubukbegalung. Kini, tumpuan pendapatan ada di pundaknya. Berat memang, tapi hidup terus berlanjut di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Saya kerja dari pagi sampai sore. Kalau suami dirawat, kami tak punya pemasukan apa-apa. Dia sakit sudah cukup lama dan tak lagi bisa berjualan asongan. Biasanya jualan racun tikus, peniti, jarum dan barang-barang kecil lainnya. Pakai tas, mengasong keliling pasar,” kata Asnita yang mengaku berpedapatan Rp30 ribu kalau bekerja, itupun tak setiap hari.

Asnita yang berasal dari Sulik Aia, Kabupaten Solok ini mengaku sangat kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, seorang anaknya harus putus sekolah di SMK swasta di Kota Padang setahun terakhir. “Sekarang anak saya hanya satu yang sekolah lagi. Itupun susah cari biayanya. Untuk bayar kontrakan saja sudah nunggak pula empat bulan. Tiga anak sudah berumah tangga, tapi belum bisa membantu banyak,” kata Asnita lagi.

Dia menyebut, sang suami yang berasal dari Surian, Kabupaten Solok, minta dipulangkan saja dari rumah sakit karena tak tahan lagi berbaring dan terus-menerus diambil darah untuk pemeriksaan. Pikiran soal biaya juga menggangunya. “Lagipula, iyuran BPJS kami sudah menunggak beberapa bulan, tak bisa dipakai lagi. Berobat harus dari jalur umum,” sebut Asnita saat didatangi Tim AR Center yang terdiri dari Nurhaida, Alwis Ray, Rina Shyntia dan Zulkifli, Jumat (25/9) siang.

Hari itu, Nurhaida yang juga Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar diamanahkan oleh Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyerahkan bantaun beras dan uang tunai kepada keluarga itu. “Terima kasih pak Andre Rosiade dan tim yang telah mengantarkan bantuan ke rumah kami. Ini dapat dipakai untuk makan sehari-hari dan juga biaya berobat ke rumah sakit. Dua kali seminggu suami saya harus periksa, ongkosnya mahal,” kata Asnita lagi.

Ketua RT 4 RW 5 Devi Andriani mengaku kagum dengan kepedulian Andre Rosiade terhadap warga yang membutuhkan. “Kami di sini punya PSM (pekerja sosial masyarakat) bu Wahida yang diminta membantu mencarikan dana berobat pak Aria. Alhamdulillah, sekarang datang tim pak Andre Rosiade langsung dengan bantuannya,” katanya.

PSM Padang Timur Wahida menyebutkan, dia kerap mendengar kiprah Andre Rosiade yang memberikan banyak bantuan untuk warga yang membutuhkan. “Saya kenal seorang pengurus Gerindra dan coba kontak. Ternyata tak lama-lama, langsung dikirimkan bantuan,” kata Wahida kepada tim AR Center.

Nurhaida yang juga Sekretaris PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar menyebutkan, informasi yang didapat cukup mendadak. Karena terlihat sangat urgent (penting), tim langsung mendatangi lokasi. “Kami datang dan melihat pak Aria terbaring. Sesuai amanah ketua DPD Gerindra Andre Rosiade, kami langsung mengirimkan bantuan ini,” sebut Nurhaida lagi. (*)
 

loading...
 Sumber : relis /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 19:13:56 WIB

    Hadiri Sertijab Camat, Danramil 03 Sipora Minta Unsur Forkopimcam Tetap Solid

    Hadiri Sertijab Camat, Danramil 03 Sipora Minta Unsur Forkopimcam Tetap Solid HARIANHALUAN.COM - Hadiri kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Sipora Selatan, Komandan Rayon Militer (Daramil) 03 Sipora Kapten Inf J. Sihaloho meminta unsur forkopimcam tetap solid dan kompak dalam menjalankan tug.
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 08:49:17 WIB

    Pjs Bupati Pessel Minta ASN Jadi Percontohan Penerapan AKB

    Pjs Bupati Pessel Minta ASN Jadi Percontohan Penerapan AKB HARIANHALUAN.COM -  Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan diminta menjadi contoh bagi masyarakat dalam penerapan Perda Provinsi Sumatera Barat No.6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Bar.
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 21:32:58 WIB

    Dinilai Sukses di DPR RI, Mulyadi Diminta Jadi Gubernur Sumbar

    Dinilai Sukses di DPR RI, Mulyadi Diminta Jadi Gubernur Sumbar HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 1 Mulyadi diketahui telah banyak membantu pembangunan infrastruktur yang ada di Sumbar, baik yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) II juga jalan yang ada di .
  • Rabu, 30 September 2020 - 06:05:50 WIB

    Dana Desa Naik, Wali Nagari Diminta Fokus Entaskan Kemiskinan

    Dana Desa Naik, Wali Nagari Diminta Fokus Entaskan Kemiskinan HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan, alokasi Dana Desa tahun 2021 sebesar Rp72 triliun atau meningkat 1,1 persen dari tahun sebelumny.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 14:48:25 WIB

    DPRD Mentawai Minta Perhatikan Tenaga Guru Kontrak

    DPRD Mentawai Minta Perhatikan Tenaga Guru Kontrak HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Bruno Guimek Sagalak meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai menempatkan guru kontrak sesuai dengan domisili, sehingga keberadaan guru lebih betah berada d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]