Ketahui 7 Tanda Pernikahan Kamu Tetap Langgeng Sampai Tua


Sabtu, 26 September 2020 - 10:23:55 WIB
Ketahui 7 Tanda Pernikahan Kamu Tetap Langgeng Sampai Tua Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pernikahan adalah perjanjian suci seumur hidup. Untuk melihat apakah hubungan Anda kira-kira akan berjalan lancar sampai tua, ketahui 7 tandanya.

Saat dua orang saling jatuh cinta, mereka akan berjanji sehidup semati dan mengikat hubungan dengan pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu, ada saja yang membuat pernikahan tidak mulus, bahkan berakhir di tengah jalan. 

Ada beberapa sikap yang bisa menjaga pernikahan tetap lancar dan langgeng. Apa saja? Yuk cari tahu!

1. Saling percaya dan menghargai satu sama lain

Rasa percaya dan menghormati antar pasangan sangatlah penting untuk hubungan pernikahan jangka panjang. Jika ini diterapkan dengan baik, kemungkinan besar hubungan pernikahan Mama akan berjalan dengan langgeng. 

Menurut psikoterapis dan ahli pernikahan, Rachel Sussman, jika pasanganmu tidak bisa dipercaya, maka pernikahan akan sulit bertahan lama. 

2. Bersikap baik dengan pasangan

Satu lagi hal sederhana yang akan sulit dilakukan pada pasangan yang sudah menikah adalah bersikap baik. Semakin mengenal, akan semakin mudah pasangan merasa terganggu atau tersinggung. 

Salah menaruh handuk saja bisa berakhir dengan pertengkaran. 

Jika selama ini kamu dan pasangan sudah saling bersikap baik maka segalanya akan jadi lebih mudah. 

3. Kamu bisa membicarakan apa saja pada pasangan

Menurut psikolog Bukky Kolawole, ada 3 aspek penting dalam cara berkomunikasi yang baik. Pertama, kamu bisa menjadi diri sendiri dalam berbicara, bebas membicarakan apa saja, dan pasanganmu menerima hal itu. 

Kedua, jika kamu nyaman dengan cara berkomunikasi selama ini. Nyaman di sini maksudnya kamu bisa percaya ia takkan membicarakan hal ini pada orang lain atau di belakangmu. 

Yang terakhir adalah, kamu mendapat respon yang tepat dan ia selalu menyediakan waktu untuk mendengarkanmu. 

Jika semua sudah dipenuhi, pernikahan langgeng pun di depan mata. 

4. Kamu menganggap pasangan sebagai sahabat

Saat memiliki sahabat, tentu ada banyak cerita yang ingin disampaikan. Begitu juga waktu yang dihabiskan dengan sahabat akan selalu menyenangkan. 

Kamu dan sahabat biasanya akan sering tertawa karena punya banyak kisah dan humor yang sama. Saat kamu bisa melihat pasangan sebagai sosok sahabat, maka pernikahanmu bisa dikatakan awet sampai lama. 

5. Tidak perhitungan dengan pasangan

Salah satu tips dari para ahli pernikahan adalah bahwa pernikahan adalah hubungan kerja sama. Sehingga, tidak tepat jika kerap perhitungan akan segala hal. 

Seperti contoh, kamu tak perlu menghitung berapa kali sudah membereskan rumah sementara pasangan tetap asyik rebahan sambil main game. 

Alih-alih melakukan komunikasi yang buruk, lebih baik sampaikan keberatan tersebut dengan cara yang lebih baik sehingga pertengkaran tidak perlu terjadi. 

6. Tetap membuat kejutan

Sesuatu yang tidak kita ketahui sering menjadi hal yang menyenangkan. Saat kamu membuat kejutan untuk pasangan, maka ada sesuatu yang menggelitik perasaan. 

Inilah yang membuat hubungan tetap menyenangkan dan seru sampai lama. 

Kamu bisa membuat banyak kejutan yang tak melulu tentang hadiah. Mulai dari mengajaknya liburan sebentar, sampai membuatkan kue favorit dia di tengah minggu. 

Sesuatu yang tak terduga yang bisa meluluhkan hatinya. 

7. Selalu menyelesaikan masalah hingga tuntas

Setiap hubungan pasti ada pasang surutnya. Pertengkaran bukanlah hal buruk dan tak perlu untuk dihindari. 

Kamu bisa berdebat dan bertengkar dengan pasangan. Hanya saja, tak perlu sampai kelewatan. 

Meski bertengkar, kamu akan tetap mengingatnya sebagai pasangan hidup yang harus dihormati dan dihargai. Dengan begitu, takkan terlontar kata-kata yang menyakitkan atau aksi fisik yang berbahaya. 

Begitu juga dengan penyelesaian masalah. Sekacau apapun masalahnya, kamu dan pasangan akan duduk bersama untuk menyelesaikan hingga tuntas. Dengan begini, tidak ada hal yang dipendam dan berlarut-larut. 

Jika semua poin sudah Mama dan Papa miliki, berarti hubungan pernikahan yang sehat dan awet sampai tua ada di genggaman. (*)

loading...
 Sumber : Popmama.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]