Semangat Menangkan Sutan Riska Dua Periode Menggaung di Koto Baru


Jumat, 25 September 2020 - 21:55:05 WIB
Semangat Menangkan Sutan Riska Dua Periode Menggaung di Koto Baru Suasana kemeriahan pada kegiatan silaturahmi antara bupati petahana, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dengan para tokoh masyarakat, bundo kanduang dan generasi muda Nagari Koto Baru, Jumat (25/09) malam.

HARIANHALUAN.COM - Semangat masyarakat yang menginginkan kepemimpinan bupati petahana, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diperpanjang menjadi dua periode, menggaung keras di Nagari Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. 

Semangat tersebut terlihat dari sikap sejumlah tokoh masyarakat daerah itu, tokoh senior, tokoh muda dan kalangan bundo kanduang yang terlihat antusias menyatakan dukungan mereka dalam sebuah kegiatan silaturahmi yang digelar oleh masyarakat setempat, Jumat (25/09) malam. 

"Sebagai bagian dari keluarga besar ninik mamak Koto Baru, Sutan Riska selaku "Urang Sumando" kami telah menjadi sebuah kebanggaan bagi seluruh anak nagari dan sesama urang sumando di Koto Baru," ungkap salah seorang tokoh masyarakat setempat, M Yunus Dt Tumanggung. 

Menurutnya, kegigihan Sutan Riska dalam memajukan Kabupaten Dharmasraya agar sejajar dengan daerah lain, menjadi inspirasi tersendiri bagi masyarakat khususnya generasi milenial tentang bagaimana seorang anak muda sepertinya, mampu memimpin dan memberikan karya terbaik sebagai sumbangsih bagi bangsanya. 

Khusus di daerah itu, lanjutnya, bentuk pelayanan seorang bupati yang lahir dari kalangan ninik mamak dari Kerajaan Koto Besar di Sungai Rumbai terhadap rakyatnya, dapat dilihat dari deretan pembangunan infrastruktur sebagai penunjang tumbuh kembangnya tingkat kesejahteraan masyarakat daerah itu. 

"Selama masa kepemimpinannya, sederet paket pembangunan seperti turap sungai Batang Piruko, turap sungai Ikur Koto dan peningkatan ruas jalan menuju Kecamatan Koto Salak yang dulunya dalam keterisoliran, saluran irigasi pertanian dan lain-lain, rasanya cukup menjadi bukti kesungguhan itu," jelasnya. 

Ia menambahkan, sebagai bagian dari masyarakat adat yang kritis dan berkeinginan untuk memajukan negeri, tentu fakta-fakta pembangunan yang sudah ditorehkan itu akan menjadi acuan dalam memilih pemimpin ke depan. 

Terpisah, salah seorang tokoh masyarakat lainnya, H Effendi Yunus Paduko Intan, menegaskan bahwa adanya keinginan untuk mengganti bupati, hanya dianggap sebagai bentuk dinamika politik yang dijadikan alat untuk merebut kekuasaan semata. 

"Sah saja jika ingin sekadar upaya meraih simpati masyarakat, namun jika saya boleh memberikan pendapat sebaiknya pilih pemimpin yang sudah membuktikan karya nyata dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan untuk saat ini hanya Sutan Riska Tuanku Kerajaan lah sosok yang tepat," tutupnya.

Sebelumnya, Bupati Petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan, berpesan kepada seluruh pegawai pemerintahan untuk tetap melaksanakan tugas dengan baik, agar roda pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya, selama ia menjalani cuti karena kembali maju sebagai calon kepala daerah untuk kedua kalinya. 

Ia menekankan, agar seluruh kegiatan dapat terlaksana sesuai jadwal, terutama untuk kegiatan fisik konstruksi, agar dapat diselesaikan pada November 2020. Kemudian juga untuk persiapan pelaksanaan APBD 2021, sesuai arahan pusat, bupati juga meminta untuk dipercepat.(*) 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]