Paslon Benny-Sabar Bantah akan Rumahkan Ribuan Tenaga Kontrak


Jumat, 25 September 2020 - 13:13:27 WIB
Paslon Benny-Sabar Bantah akan Rumahkan Ribuan Tenaga Kontrak Paslon Benny Utama-Sabar AS menunjukkan posisinya di kolom kanan lembar surat suara di Pilkada nanti.

HARIANHALUAN.COM - Ribuan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasaman sepertinya tidak perlu cemas hilang pekerjaan jika Benny Utama-Sabar AS, terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Pasaman periode berikutnya. Isu akan merumahkan ribuan tenaga kontrak, baik guru, tenaga kesehatan maupun tenaga teknis lainnya oleh pasangan Benny-Sabar jika tampil sebagai pemenang di Pilkada nanti sudah dibantah.

Kepada harianhaluan.com, Jumat (25/9/2020), Benny Utama menegaskan, tidak akan ada penghapusan tenaga kontrak di lingkungan Pemda Pasaman, jika seandainya nanti terpilih bersama Sabar AS sebagai bupati dan wakil bupati Pasaman menggantikan Yusuf Lubis-Atos Pratama. "Ada isu begini, kalau pak Benny-Sabar jadi Bupati, semua pegawai kontrak akan di rumahkan atau diberhentikan. Disini, saya tegaskan tidak akan ada yang berhenti. Jika perlu, kita tambah," tegas Benny. 

Malah, kata Benny, pihaknya berencana meningkatkan kesejahteraan para tenaga kontrak tersebut, disesuaikan dengan upah minimum regional (UMR) supaya para tenaga kontrak tersebut bekerja secara profesional dan penuh tanggungjawab. "Bukan merumahkan mereka, tapi kami (saya bersama Sabar) malah berpikir untuk menaikkan honor dari tenaga kontrak yang berjumlah ribuan itu," katanya.

Dia menambahkan, seorang kepala daerah dapat dikenai pidana jika memberikan honor kepada tenaga kontrak di bawah standar UMR. Karena secara aturan dan regulasi honor pekerja harus setara dengan UMR. "Kalau kepala daerah membayar honor tenaga kontrak di bawah UMR, bisa-bisa dipidana itu. Karena secara aturan dan regulasi kada telah melanggar undang-undang. Kalau kita tidak mampu, jangan diangkat," imbuhnya. 

Selain itu, kata dia, pihaknya akan memberikan kenyamanan dan ketenangan kerja bagi ASN di Pemda tersebut. Sebab, untuk mewujudkan suasana kerja yang kondusif serta etos kerja yang baik dibutuhkan ketenangan dan kenyamanan kerja bagi ASN. "Ini penting sekali, karena dengan begitu aparatur kita bisa bekerja dengan baik, berinovasi dengan baik dan bisa memberikan pengabdian terbaiknya," ujarnya. 

Lanjut Benny, dia juga akan menempatkan seorang pegawai (ASN) sesuai dengan bidang keahliannya untuk menempati posisi tertentu dalam struktur organisasi perangkat daerah (SOPD). "Kalau Benny Utama-Sabar AS nanti jadi bupati dan wakil bupati Pasaman, Insya allah, pegawai Pemda Pasaman akan dengan tenang bekerja. Tidak akan ada itu yang namanya berhenti di jalan, meskipun tidak ada kesalahannya. Ndak akan ada itu, kerja itu terukur," tukasnya. 

Terakhir, Benny berjanji akan mewujudkan Pasaman untuk semua. Tidak akan ada pengkotak-kotakan etnis atau kaum tertentu dalam pemerintahannya nanti. Semua elemen masyarakat, kata dia, harus bersatu  membangun daerah tersebut. "Pasaman untuk semua akan kita aplikasikan dengan baik jika masyarakat memberikan amanahnya kepada Benny-Sabar di pilkada nanti," imbuhnya. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]