Akses Pasar Batik Sampan Kota Pariaman Masuk Kancah Nasional


Jumat, 25 September 2020 - 09:31:28 WIB
Akses Pasar Batik Sampan Kota Pariaman Masuk Kancah Nasional Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman ketika menyaksikan pengrajin batik sampan Pesona Minang sedang membatik di Desa Sungai Kasai.

HARIANHALUAN.COM -Pasar batik sampan Kota Pariaman hasil produksi pengrajin setempat sudah menggembirakan. Hal itu diungkapkan Pengrajin Batik Sampan Pesona Minang di Desa Sungai Kasai, Pariaman, Rahmayeni.
   
Kepada harianhaluan.com, dia mengatakan, Kamis (24/9-2020), bahwa produk batik sampan yang dihasilkanya, jangkauan pasarnya sudah sampai ke sejumlah kota di Indonesia, seperti Palembang, Jakarta.
   
Begitupun terhadap penawaran yang dilakukan selain konvensional, juga sistem online.
   
Motif batik, beragam tapi tidak meninggalkan kekhasanya, diantaranya pola tabuik, sala, 
   
"Keserasian perpaduan pola dengan variasi tambahanpun menjadi perhatian yang tak tertinggalkan, sehingga lebih menarik dan memikat," kata Rahmayeni.
   
Kalau soal harga, sangat bervariasi, ada juga sampai harga Rp450 ribu,  sangat terkait dengan dasar kain, ukuran kain, juga motif dan variasinya dan batiknya, tulis atau cetak.
   
Sementara kelompok pengrajin batik sampan Tiga Diva di Desa Pungguang Ladiang, tetap eksis.
   
Produknya ada batik tulis dan cetak, namun kita disini lebih fokus ke batik tulis, kata Riska, salah seorang pembatik disini.
    
Produk yang dihasilkan minimal 30 helai perbulan berupa dasar batik dengan beragam motif dan ukuran.
   
Soal pasar batik, masih lumayan, tidak hanya tertumpu pada pasar lokal, ada juga sistem pesanan.
   
Harga bervariasi bahkan ada juga yang seharga Rp 450 ribu, juga ada Rp300 ribu, harga sangst terkait dasar kain, dan motif batik tulisnya.
   
Sementara Kepala Desa Pungguang Ladiang, Hendra Saputra, mengatakan telah menganggarkan dana desanya untuk memajukan potensi tersebut.
   
Peralatan untuk membatik, perlu di suport, sehingga kreasi-kreasi baru yang tidak meninggalkan ke khasan batik sampan, dapat menaikan akses pasar.
  
Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, bahwa pihaknya siap membantu pasar dan promosi.
  
Selain itu dia juga memesan produk tersebut untuk dijadikan model sekaligus promosi dengan cara demikian produk pengrajin batik sampan di kota pariaman semakin eksis dengan tingkat produksi dan pasarnya. (*)

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]