Muhadjir Effendy Sebut Jika Tidak Ada Covid-19 Belum Tentu Indonesia Bisa Sonsong Era yang Mencerahkan


Kamis, 24 September 2020 - 21:01:40 WIB
Muhadjir Effendy Sebut Jika Tidak Ada Covid-19 Belum Tentu Indonesia Bisa Sonsong Era yang Mencerahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Dok Kemenko PMK

HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi hasil riset dan inovasi ventilator (alat bantu pernafasan) karya anak bangsa yang dikembangkan oleh lembaga riset dari perguruan tinggi negeri dan swasta. 

Menurut Menko Muhadjir, selama ini masalah utama dari penanganan Covid-19 berkutat pada masalah kekurangan alat-alat pendukung seperti ventilator. Kata Muhadjir, berbagai inovasi yang dikoordinasikan oleh Kemnristek BRIN tersebut merupakan upaya yang sangat bagus dan sebagai langkah konkrit dalam penguatan penanganan Covid-19.

Selain itu, menurut Menko Muhadjir, adanya Covid-19 juga menjadi berkah dalam pengembangan teknologi dalam negeri. Dengan adanya berbagai inovasi tersebut menjadi bentuk dari revolusi teknologi nasional.

"Ini juga suatu blessing at the crisis menurut saya. Kalau tidak ada Covid-19 belum tentu kita bisa menyongsong era yang sangat mencerahkan ke depan," ujar Muhadjir saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Pemanfaatan Ventilator Produksi Dalam Negeri Untuk Upaya Penanganan Covid-19, dikutip dari Kemenko PMK RI, Kamis (24/9/2020).

Beberapa inovasi ventilator karya anak negeri tersebut telah mendapatkan sertifikat layak edar dari Kementerian Kesehatan. Menko PMK mengatakan, adanya inovasi produk dalam negeri tersebut harus ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Karena itu, inovasi dalam negeri tersebut juga harus bisa menyesuaikan karakteristik pasien Indonesia.

"Dan ini mesti jadi titik tumpu dalam upaya kita untuk mengembangkan alat kesehatan khsusnya di bidang ventilator ini," tuturnya.

Muhadjir mengatakan, berbagai inovasi anak bangsa yang dikembangkan di bawah koordinasi Kemenristek BRIN tersebut juga sangat berpengaruh positif dalam pembangunan manusia Indonesia, terutama di sektor kesehatan.

"Karena adanya inovasi yang didorong oleh Pak Menristek itu akan sangat menentukan bagus tidaknya pelayanan kita terhadap bangsa Indonesia, terutama dalam upaya kita untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia," ujarnya.

"Menurut saya ini sangat berjalin berkelindan dalam pembangunan manusia Indonesia, karena termasuk kalau nanti banyak sekali muncul inovator dan inventor di bidang kesehatan ini, teknologi-teknologi peralatan kesehatan ini, otomatis juga itu berarti meningkatkan SDM Indonesia di bidang teknologi kesehatan," pungkas Menko PMK. (*)

loading...
 Sumber : Kemenko PMK RI /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]