4 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Mata Lelah karena Monitor PC


Kamis, 24 September 2020 - 20:34:03 WIB
4 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Mata Lelah karena Monitor PC Ilustrasi menatap monitor PC.

HARIANHALUAN.COM - Di masa pandemi ini, frekuensi penggunaan perangkat komputer maupun smartphone melonjak tajam karena hampir semua aktivitas pekerjaan ataupun belajar-mengajar dilakukan melalui perangkat ini.

Namun, terlalu sering menatap layar komputer maupun memiliki  sejumlah dampak terhadap tubuh kita, seperti mata yang cepat kering dan lelah. Dirangkum dari Logan Sport Memorial, seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group, Kamis (24/9), ada 4 tips yang bisa dilakukan untuk mencegah mata menjadi cepat lelah akibat sering menatap monitor komputer atau smartphone.

1. Batasi durasi melihat layar

Durasi menatap layar monitor sebaiknya dikurangi agar mata tidak tegang. Aturan 20/20/20 atau berpaling dari layar monitor selama 20 detik setelah 20 menit menatap layar monitor terus-menerus bisa digunakan.

Fokuskan dan konsentrasikan penglihatan pada objek yang berjarak kurang lebih 20 kaki saat berpaling dari layar monitor. Cara lain agar tidak terus-menerus menatap layar monitor yaitu beristirahat dengan banyak minum atau pergi ke toilet.

2. Lihat layar monitor dengan posisi yang baik

Agar mata berkurang stresnya, ubah cara menatap layar monitor. Gunakan postur tubuh yang baik, jangan bermain ponsel dalam posisi berbaring atau dalam kondisi gelap. 

Posisikan layar monitor dalam jarak tampilan optimal (20-28 inci) dan kurangi kecerahan layar yang berlebih.

3. Jaga kesehatan mata dengan kacamata antiradiasi

Untuk menjaga kesehatan mata, penggunaan kacamata antiradiasi bisa dipertimbangkan. Kacamata ini memiliki lensa yang mengurangi kesilauan dan membantu menjaga fokus.

4. Redakan mata kering dengan obat tetes mata

Terkadang, terlalu lama menatap layar membuat mata menjadi gatal atau pegal, menandakan mata menjadi kering. Gunakan obat tetes mata untuk meredakannya. Penggunaan secara teratur membantu menjaga mata tetap lembab dan fokus lebih mudah. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 10 Oktober 2020 - 18:32:18 WIB

    4 Tips Perencanaan Keuangan Bagi Pemilik Mobil, Siapkan Dana Darurat

    4 Tips Perencanaan Keuangan Bagi Pemilik Mobil, Siapkan Dana Darurat HARIANHALUAN.COM - Meski nilainya terus mengalami depresiasi dari tahun ke tahun, mobil merupakan sebuah aset. Kepemilikan sebuah mobil tentu menuntut seseorang untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik..
  • Ahad, 27 September 2020 - 12:22:55 WIB

    Ini Daftar 10 Keluarga Paling Kaya di Asia, No 4 dari Indonesia

    Ini Daftar 10 Keluarga Paling Kaya di Asia, No 4 dari Indonesia HARIANHALUAN.COM - Bloomberg Billionaire Index merilis 10 keluarga terkaya di seluruh Asia dan tercatat memiliki kekayaan bersih senilai US$ 250 miliar atau sekitar Rp 3.700 triliun (dalam kurs Rp 14.800) Per September 2020..
  • Selasa, 15 September 2020 - 14:19:50 WIB

    Sadis! Biaya RS Pasien Covid-19 Nyaris Rp240 Juta Selama 4 Hari

    Sadis! Biaya RS Pasien Covid-19 Nyaris Rp240 Juta Selama 4 Hari HARIANHALUAN.COM - Jagad media sosial tengah diramaikan dengan postingan tagihan biaya rumah sakit pasien Covid-19. Dalam akun Twitter @noyusimi, dirinya menceritakan jumlah tagihan rumah sakit pasien corona selama empat hari.
  • Kamis, 10 September 2020 - 07:34:06 WIB

    Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ini 4 Manfaat Jeruk Nipis

    Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ini 4 Manfaat Jeruk Nipis HARIANHALUAN.COM - Siapa yang tak kenal dengan jeruk nipis. Buah ini merupakan salah satu buah yang sangat asam. Meski demikian jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh..
  • Senin, 07 September 2020 - 10:08:21 WIB

    Penyesalan Ibu yang Kenalkan Gadget saat Anak Berusia 4 Tahun

    Penyesalan Ibu yang Kenalkan Gadget saat Anak Berusia 4 Tahun HARIANHALUAN.COM - Anak-anak generasi Alpha memang memiliki pemikiran yang lebih dewasa dibandingkan dengan anak-anak generasi terdahulu. Wajar saja, ini karena anak-anak generasi Alpha lahir di saat teknologi sudah berkemban.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]