Audy Joinaldy Bersyukur Nomor 4, Andre Rosiade: Nomor Urut Tak Penting!


Kamis, 24 September 2020 - 18:16:08 WIB
Audy Joinaldy Bersyukur Nomor 4, Andre Rosiade: Nomor Urut Tak Penting! Melalui rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat tetapkan nomor empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Penetapan nomor urut tersebut digelar di Grand Inna Muara Hotel Padang, Kamis (24/9/2020).

HARIANHALUAN.COM - Melalui rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat tetapkan nomor empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Penetapan nomor urut tersebut digelar di Grand Inna Muara Hotel Padang, Kamis (24/9/2020).

Dilakukan penetapan nomor urut dan daftar pasangan calon peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar tahun 2020, dengan keputusan KPU Sumbar nomor 64/PL.02.3/Kpt/13/KPU/Prov/IX/2020.

Adapun hasil pencabutan nomor urut sebagai berikut:

1. Nomor urut 1: Ir. H. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni

2. Nomor urut 2: Drs. H. Nasrul Abit dan Dr. Ir. H. Indra Catri, M.T

3. Nomor urut 3: Irjend. Pol. Drs. H. Fakhrizal. M.Hum dan Dr. H. Genius Umar. S.Sos, M.S

4. Nomor urut 4: H. Mahyeldi. SP dan Ir. Audy Joinaldy, SPt, MM, IPM, ASEAN.Eng.


Beragam perasaan diungkapkan pendukung para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Pendukung Mahyeldi-Audy misalnya, yang mendapatkan nomor urut 4  di dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Tahun 2020 itu, menyatakan kegembiraannya. 

Relawan Tim Kemenangan Mahyeldi-Audy bersorak bersama-sama "Urang Minang tau jo Nan Ampek" sembari memegang gambar pasangan calon Cagub dan Cawagub, Mahyeldi-Audy yang bernomor urut 04.

Sebagai informasi, 'Kato nan Ampek' adalah aturan yang mengikat bagi Urang Minangkabau dalam berkomunikasi dan mengungkapkan pemikirannya di kehidupannya sehari-hari.

Semakin halus penghayatan seseorang terhadap Kata Yang Empat ini, semakin bernilailah keberadatan orang yang bersangkutan. Sebaliknya, bagi mereka yang tak menerapkan Kato Nan Ampek ini dalam berkomunikasi, semakin rendahlah keadabannya (disebut dengan celaan alias tidak tahu adat).

Sementara itu, Ketua Tim Media Center Audy Joinaldy, Nuzul Amri berharap nantinya di bawah kemimpinan Mahyeldi-Audy Sumatera Barat dapat maju untuk mengejar ketinggalan dari provinsi tetangga.

"Semoga kita dapat kembali mengejar ketinggalan dari tetangga yaitu Riau dan Jambi. Dimana saat ini, dua provinsi tersebut lebih maju dari Sumatera Barat," harap pria yang disapa akrab Da Jun ini. 

Senada dengan tim pendukung Mahyeldi-Audy, tim pendukung paslon Nasrul Abit-Indra Catri, juga menyatakan senang dengan nomor yang didapat. 

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade. Dia mengaku senang dengan nomor 2 yang didapat pasangan calon yang diusungnya itu. Ia mengaku nomor tersebut mengingatkannya pada nomor Gerindra di Pileg dan Prabowo-Sandi di Pilpres.

“Sebenarnya nomor urut ini tak masalah berapapun. Kalau peserta cuma empat, tentu nomor 1 sampai 4. Sekarang NA-IC dapat nomor 2, nomor yang sama dengan Partai Gerindra di Pemilihan Legislatif 2019. Bahkan juga nomor urut Pak Prabowo dan Bang Sandi pada pemilihan Presiden (Pilpres) kemarin,” kata Andre.

Andre menerangkan mengenai nomor urut tak begitu penting. Tapi hal yang paling penting adalah bagaimana program unggulan calon yang diusung Partai Gerindra itu sampai ke masyarakat. Menurutnya, para kader Gerindra harus turun bersama-sama, tidak hanya tim sukses dan pasangan calon saja. Kalau sudah kompak dan turun bersama, kemenangan akan dapat diraih dengan mudah.

“Mungkin akan ada yang mengait-ngaitkan nomor urut 2 dengan Pileg dan Pilpres 2019. Di Sumbar, Gerindra menjadi partai nomor satu dan Prabowo menang telak sampai 86 persen lebih. Bahkan, Andre Rosiade juga nomor urut dua di urutan caleg dan dapat suara yang maksimal,” ujar anggota DPR RI ini sambil tertawa.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti, Milna Miana, Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]