Empat Jurusan di Politeknik ATI Padang Sudah Memiliki Skema Sertifikasi LSP


Kamis, 24 September 2020 - 18:14:47 WIB
Empat Jurusan di Politeknik ATI Padang Sudah Memiliki Skema Sertifikasi LSP Dosen Politeknik ATI Padang, Addin Akbar.

HARIANHALUAN.COM - Saat ini Pliteknik ATI Padang telah memiliki 5 Program Studi (Prodi), yakni Teknik Kimia Bahan Nabati, Manajemen Logistik Industri Agro, Teknik Industri Agro, Analisis Kimia, dan Teknik Rekayasa Bipproses Energi Terbarukan. Empat jurusan diantaranya telah memiliki Skema Sertifikasi.

"Di Politeknik ATI Padang sendiri ada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Namanya LSP P1, dimana yang diujinya adalah peserta didik," kata Dosen Politeknik ATI Padang, Addin Akbar, kemarin.

Addin menjelaskan, pada jurusan Teknik Kimia Bahan Nabati ada skema pengawasan operasi pada area peralatan filter, jurusan Manajemen Logistik Industri Agro disebut skema personal pergudangan dan skema pengelolaan pengadaan.

"Kemudian untuk jurusan Teknik Industri Agro memiliki skema sertifikasi membuat rencana produksi dan juga skema pengendalian kualitas produk dan hasil produksi, dan jurusan Analisis Kimia punya skema KKNI operasional laboratorium," papar Addin.

Lebih lanjut, kata Addin, ada seluruh skema yang ada pada empat jurusan tersebut merupakan terdiri daru lima klaster dan satu KKNI.

Addin menjelaskan, LSP merupakan lembaga yang ditunjuk secrara resmi oleh BNSP (Bandan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi. Jadi setiap lembaga pemerinta maupu swasta harus menderita untuk mensertifikasi karyawan ataupun mahasiswa.

LSP melaksanakn uji kompetensi berdasarkan skema sertifikasi. Skema ini disusun berdasarkan SKKNI, yang dimaksud dengan skema sertifikasi adalah paket kompetensi dan persyaratan spesifik yang berkaitan dengan jabatan atau keterampilan tertentu dari seseorang. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]