Pertarungan Seru Pilkada Sumbar Dimulai! Petahana Adu Kuat dengan Walikota Padang, Anggota DPR RI dan Jenderal Polisi


Kamis, 24 September 2020 - 17:58:46 WIB
Pertarungan Seru Pilkada Sumbar Dimulai! Petahana Adu Kuat dengan Walikota Padang, Anggota DPR RI dan Jenderal Polisi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menetapkan 4 (empat) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember 2020 nanti

HARIANHALUAN.COM - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang berpasangan dengan pengusaha milenial sukses, Audy Joinaldy resmi menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang melawan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang bersanding dengan Bupati Agam, Indra Catri di Pilkada serentak 2020.

Satu lagi Walikota Pariaman, Genius Umar juga maju sebagai calon Wakil Gubernur Sumbar berpasangan dengan mantan Kapolda Sumbar, Fakhrizal.

Selain itu, ada Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni yang juga sebagai calon Wakil Gubernur Sumbar mendampingi Anggota DPR-RI Mulyadi sebagai calon Gubernur Sumbar.

Kepastian ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menetapkan 4 (empat) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember 2020 nanti.

Mahyeldi yang memilih berpasangan dengan Audy Joinaldy diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangun (PPP). Mahyeldi saat ini masih menjabat sebagai Walikota Padang periode kedua 2019–2024, setelah di periode pertama 2009-2014.

"InsyaAllah dengan dapat nomor urut empat, Kota Padang dapat lebih baik," kata Mahyeldi singkat.

Ali Mukhni sebentar lagi juga mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati Padang Pariaman tahun depan, memilih berpasangan dengan anggota DPR-RI Mulyadi. Pasangan yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat ini optimis menang di Pilkada.

"Nomor satu adalah nomor yang sempurna. Dengan dapat nomor satu kita mengajak masyaraat Sumatera Barat untuk bersatu meraih kemenangan bersama," kata Mulyadi.

Sementara itu, pasangan petahana Nasrul Abit dan Indra Catri tampak lebih percaya diri karena merupakan seorang incumbent. Paslon ini didukung Partai Gerindra.

"Hari ini saya dan pak Indra Catri sudah melakukan pencabutan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2020-2025. Dengan diiringi doa dan usaha, kami mendapatkan nomor urut 2 sebagai simbol pada surat suara nanti," kata Nasrul Abit.

Nasrul Abit memohon doa restu dan dukungan sanak, saudara, dan masyarakat Sumatera Barat semuanya. Atas harapan dan kepercayaan dunsanak, pihaknya berusaha dalam bekerja, mewujudkan aspirasi dan hal-hal yang belum tersampaikan sebelumnya.

"Dengan program kerja yang mendukung harapan tersebut dapat tercapai. Untuk Sumbar lebih unggul, masyarakat sejahtera," tukas Nasrul Abit.

Penetapan pasangan calon tersebut resmi diumumkan dan digelar KPU Sumbar, Rabu (23/9/2020).

“Hasil penetapan pencabutan kami lakukan berdasarkan aturan protokol kesehatan. Masyarakat bisa melihat langsung melalui televisi dan facebook KPU Sumbar,” kata KPU Sumbar, Amnasmen.

Amnasmen menambahkan, kemungkinan masyarakat dan pendukung agak kecewa. Namun, itu harus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan penyelenggaraan pilkada aman dari pandemi. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]