Pilkada Pasaman Diikuti Calon Tunggal, Pengundian Nomor Urut Diganti Pengaturan Posisi Foto Paslon


Kamis, 24 September 2020 - 17:26:48 WIB
Pilkada Pasaman Diikuti Calon Tunggal, Pengundian Nomor Urut Diganti Pengaturan Posisi Foto Paslon Cawabup Sabar AS mengangkat lembaran surat suara dalam rapat pleno tersebut.

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, telah menetapkan pasangan calon Benny Utama-Sabar AS sebagai calon tunggal dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 nanti.

Dalam pengundian tata letak posisi pasangan calon usungan delapan partai politik di DPRD Pasaman ini, Kamis (24/9/2020), Benny-Sabar menempati posisi kanan pada lembar surat suara. Sedangkan kolom kosong ada di posisi kiri.

Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi menegaskan, Pilkada Pasaman periode ini tidak pakai nomor urut, sebab hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Pengundian nomor urut, kata dia, lalu diganti dengan letak foto paslon dalam kertas suara.

"Karena pilkada Pasaman hanya diikuti satu paslon alias calon tunggal, KPU hanya melakukan pengundian tata letak posisi paslon bupati, wakil bupati. Pengundian nomor urutnya diganti," terang Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi. 

Selain dihadiri pasangan calon beserta istri, rapat pleno terbuka pengundian tata letak posisi paslon juga turut dihadiri Bawaslu dan Leason Officer (LO). Setelah proses ini, KPU Pasaman akan membuat spesimen surat suara untuk digunakan pada saat pencoblosan nanti. 

Dalam kesempatan itu, pasangan 'BESAR' melakukan penandatanganan pakta integritas penerapan protokol kesehatan pada semua tahapan pemilu. Pasangan ini juga sepakat mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua pihak, serta menerima sanksi apabila melanggar protokol kesehatan.  

"KPU, juga meminta paslon deklarasi damai dan sehat, lalu dilanjutkan penandatanganan pakta integritas. Paslon membacakan fakta integritas penerapan protokol kesehatan dan pengendalian covid 19 pada setiap tahapan sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 6 tahun 2020," ujar Rodi. 

KPU Pasaman membatasi jumlah peserta yang hadir dalam agenda pengundian tata letak di aula Hotel Arumas, Lubuksikaping itu. Khususnya dari tim pasangan calon, partai pengusul dan termasuk awak media. Penerapan tersebut mengacu kepada protokol kesehatan covid-19. 

Sementara calon Bupati Pasaman, Benny Utama, menyampaikan akan menaati seluruh aturan kampanye dengan sebaik mungkin, tanpa mengabaikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. 

"Kami akan menaati aturan kampanye dengan baik, sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19," ujarnya. (*)
 

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]