ATSI Tanda Tangani Kerja Sama dengan Kemendikbud


Rabu, 23 September 2020 - 14:59:47 WIB
ATSI Tanda Tangani Kerja Sama dengan Kemendikbud Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM – Operator telekomunikasi seluler yang tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) sepenuhnya mendukung kebijakan Pemerintah RI melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) mengenai pelaksanaan kebijakan bantuan kuota data internet untuk peserta didik dan pendidik tingkat PAUD, tingkat dasar dan menengah, mahasiswa serta dosen, dalam mendukung penerapan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19.

Kuota internet subsidi tersebut diharapkan turut membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh yang sangat mengandalkan ketersediaan internet.

Untuk proses penyaluran, penentuan pihak yang berhak menerima serta hal teknis lainnya terkait bantuan kuota internet, dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Sekretaris Jendral Nomor 14 Tahun 2020 mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Dalam acara penandatanganan tersebut, Merza Fachys selaku Wakil Ketua Umum ATSI, mewakili operator seluler Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia dan Smartfren, sementara dari Kemendikbud diwakili oleh Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi, Kemendikbud, M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si.

“ATSI menyadari koneksi internet berperan penting dalam penyelenggaraan program tersebut, dan sepenuhnya mendukung pemerintah supaya pendidikan tetap bisa berjalan dengan lancar di seluruh wilayah Republik Indonesia. Semoga melalui kerja sama ini, baik pelajar maupun pengajar dapat sama-sama menjaga semangatnya dan terus berprestasi,” ujar Merza Fachys, Wakil Ketua Umum ATSI.

Selain sepakat untuk menyalurkan kuota internet subsidi pemerintah, masing-masing operator telekomunikasi juga menyelenggarakan inisiatif berupa paket dengan harga terjangkau maupun kartu perdana untuk peserta didik di tanah air.

Sejalan dengan petunjuk teknis yang dibuat oleh Kemendikbud, kuota data internet dibagi atas kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi; dan Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran tertentu. Rincian daftarnya dapat dilihat melaluihttp://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Besaran kuota internet untuk peserta didik dibagi menjadi: PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB; Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara itu pendidik akan mendapatkan kuota dengan kategori: PAUD, pendidikan dasar dan menengah akan mendapatkan 42 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar. Terakhir, kuota internet untuk mahasiswa dan dosen yakni 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Penyaluran kuota subsidi tersebut dilakukan selama 4 (empat) bulan dari September sampai dengan Desember 2020.

Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama tahap I tanggal 22 - 24/9. Tahap II tanggal 28 - 30/9.

Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua tahap I tanggal 22 - 24/10. Tahap II pada 28 - 30/10.

Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan, yaitu tahap I pada 22 - 24/11. Tahap II tanggal 28 - 30 November 2020. (*)

loading...
Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 April 2020 - 18:37:57 WIB

    1 PDP Asal Kabupaten Sijunjung Dirujuk ke RSUD M Natsir Solok

    1 PDP Asal Kabupaten Sijunjung Dirujuk ke RSUD M Natsir Solok SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Seorang warga Kabupaten Sijunjung yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona dirujuk RSUD Sijunjung ke RSUD M Natsir Solok untuk pemeriksaan lebih lanjut..
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 21:23:19 WIB

    HIPMA SN Gelar Seminar, Mosi Integral Natsir Perlu Diperingati Tiap Tahun

    HIPMA SN Gelar Seminar, Mosi Integral Natsir Perlu Diperingati Tiap Tahun LEMBAH GUMANTI,HARIANHALUAN.COM-Mosi Integral Natsir, sebuah gagasan dan upaya menjaga persatuan Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapat sambutan hangat dan disahkan di Parlemen Republik Ind.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 09:10:27 WIB

    Petugas Medis Menuntut “Kue” di RSUD M Natsir Solok

    Petugas Medis Menuntut “Kue” di RSUD M Natsir Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Senin (13/1) pagi, tampaknya menjadi hari yang berbeda bagi Yuliarni. Petugas medis yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mohammad Natsir, Kota Solok itu tak langsung bekerja melayani pasi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]