Jika Pilkada Tidak Bisa Ditunda, Dokter Ini Katakan Jangan Ada Kerumunan


Rabu, 23 September 2020 - 13:54:48 WIB
Jika Pilkada Tidak Bisa Ditunda, Dokter Ini Katakan Jangan Ada Kerumunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Prof dr Ari Fahrial Syam

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu melalui Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman mengatakan bahwa pilkada tidak bisa ditunda hingga pandemi berakhir. Sebab, pemerintah tidak bisa memastikan kapan pandemi Covid selesai di Indonesia dan dunia.

Menurut Fadjroel, penyelenggaraan Pilkada di tengah Pandemi dapat dijalankan seperti di beberapa negara lain. Ada beberapa negara yang tetap menggelar pemilihan umum. Tentu diiringi dengan protokol yang ketat.

Pada diskusi Indonesia Lawyers Club pada Selasa (22/9) dengan Tema Pilkada, Kenapa Takut ? seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam, Prof dr Ari Fahrial Syam mengatakan jika dinilai dari kacamata kesehatan dan akademisi Pilkada memang harus ditunda. 

"Alasannya kasus yang terjadi terus meningkat. Di Indonesia sudah seperempat juta orang yang terinfeksi dan terkonfirmasi positif Covid-19," katanya.

Dr Ari menerangkan jika terjadi kerumunan maka potensi penyebaran Covid-19 akan lebih besar lagi. Ia juga memprediksi jika tidak ditunda maka angka pasien yang terinfeksi pada bulan Desember akan mencapai 500 ribu jiwa. 

"Momen-momen kerumuman tersebut yang menjadi potensi nantinya. Kita harus memikirkan bagaimana angka positive rate kita melandai," jelasnya.

Kata dia, di saat pasien positif yang terus melonjak akan memberikan dampak yang besar terhadap para dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Ditilik dari segi kesehatan keputusan tersebut memang harus ditunda karena akan memberikan dampak yang begitu besar.

"Keputusan ini dipikirkan ulang, jika memang tidak bisa ditunda tolonglah jangan ada kerumunan," harapnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]