Pleno Penetapan Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumbar Dikawal Ketat Polisi


Rabu, 23 September 2020 - 13:04:29 WIB
Pleno Penetapan Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumbar Dikawal Ketat Polisi Pleno penetapan calon gubernur Sumatera Barat mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang.

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan empat bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang menjadi pasangan calon. Penetapan sebagai pasangan calon setelah masa perbaikan berkas pada Rabu (16/9/2020) lalu.

Kemudian pleno penetapan calon gubernur Sumatera Barat mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang untuk menghindari gangguan yang mengakibatkan gejolak.

"Pengamanan dilakukan sesuai standar pilkada, baik pada tahap penetapan calon maupun penetapan nomor urut, agar tidak ada kendala dalam prosesnya," sebut Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir, melalui Kabag Ops Kompol Alwi Askar didampingi Kasat Intel Kompol John Hendri, Rabu (23/9/2020).

Ditambahkannya, dalam pengamanan, pihaknya menurunkan sekitar 200 personil, baik dari Sabhara, Lantas,Serse, maupun Intel, dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, dan menjaga kebersihan.

"Kita melakukan pengamanan agar tidak terjadi gejolak dan pengamanan agar tetap menjaga protokol kesehatan," terangnya.

Sementara diketahui, bahwa rapat dilakukan hanya internal KPU yang dipimpin Amnasmen didampingi Izwaryani, Gebril Daulai, Nova Indra, dan Yanuk Sri Mulyani, serta sekretaris Firman, dihadiri semua personil yang bertanggung jawab terhadap kegiatan tersebut.

Diantaranya Kabag hukum, Teknis dan Hupmas Aan Wuryanto, Kabag SDM Wandrizen, Kasubag Teknis dan Hupmas Jumiati, serta kasubag Hukum Yusrival Yaqub.

"Keputusan ini berdasarkan peraturan dan mekanisme berlaku, dengan surat keputusan nomor 51/PL.02.2-BA/13/KPU-Prov/IX/2020," ujar Ketua KPU Sumbar Amnasmen, saat memimpin rapat pleno internal.

Usai penetapan ini, kata dia, dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut calon, pada Kamis (24/9/2020) yang dilaksanakan disalah satu hotel di Kota Padang dengan jumlah orang terbatas, serta disiarkan langsung melalui televesi dan FB KPU Sumbar.

"Dengan jumlah orang terbatas, kemungkinan masyarakat dan pendukung agak kecewa, namun itu harus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid," terang Amnasmen. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]