Pilkada Damai, Polres Dharmasraya Sambangi Posko Pemenangan Bapaslon


Rabu, 23 September 2020 - 12:55:33 WIB
Pilkada Damai, Polres Dharmasraya Sambangi Posko Pemenangan Bapaslon Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah SIK MT,  saat menyerahkan lampiran maklumat Kapolri Jenderal Idham Aziz kepada salah seorang Calon Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Rabu (23/9).

HARIANHALUAN.COM - Bentuk upaya mewujudkan Pilkada serentak 2020 yang berlangsung damai dan kondusif, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya, Sumatera Barat menyambangi Posko Pemenangan para bakal pasangan calon (Bapaslon) di daerah itu, Rabu (23/9).

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut instruksi Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, kepada seluruh jajaran untuk melakukan giat sambang kamtibmas, sebagai bentuk upaya preemtif dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan tahapan pilkada berlangsung," ungkap Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, SIK MT melalui Kabag Ops Polres setempat, Kompol Rifai.

Dalam giat tersebut, jelasnya, kapolres beserta jajaran didampingi seluruh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Dharmasraya melakukan dialog berisi ajakan-ajakan kepada seluruh bapaslon beserta tim pemenangan, bisa berperan aktif menjaga suasana yang aman, damai dan nyaman selama mengikuti setiap tahapan yang ada.

Selain itu, pihaknya juga akan menyosialisasikan kewajiban melaksanakan kampanye dengan menerapkan standar protokol kesehatan, sebagaimana dituangkan dalam maklumat Kapolri serta PKPU nomor 6 tahun 2020 dan PKPU nomor 10  tahun 2020 yang menjadi acuan penerapan standar protokol kesehatan pada pelaksanaan pilkada ditengah pandemi Covid-19.

"Dalam regulasi tersebut, tegas dinyatakan tentang kewajiban melaksanakan kampanye dalam jumlah terbatas dan tidak boleh memicu kerumunan, dilarang melakukan konvoi, wajib memastikan seluruh peserta kampanye menggunakan masker dengan benar dan harus menyediakan perlengkapan cuci tangan dan hand sanitizer serta perlengkapan lain sesuai yang digariskan," ulasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Bapaslon Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Dasril Panin Dt Labuan, Budi Sanjaya menegaskan tekad untuk mengikuti seluruh himbauan dan aturan terkait pelaksanaan pilkada serentak 2020.

"Sebagaimana petunjuk yang kami terima dari pihak KPU Dharmasraya, terkait pelaksanaan prosesi pengundian nomor urut besok, Kamis (24/9/2020), kami juga hanya mengutus sebanyak sembilan orang yang terdiri dari Pasangan calon, Liaisson Officers dan satu orang pimpinan partai-partai pengusung," jelasnya.

Terkait antisipasi terjadinya potensi kerumunan massa dari unsur masyarakat yang ingin turut menyaksikan prosesi pengambilan nomor urut itu, ia mengungkapkan sudah mendistribusikan kepada seluruh partai pengusung dan pendukung serta tim relawan agar tidak turut menghadiri prosesi itu dan tetap berkumpul di masing-masing posko dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan.

"Seluruh posko simpatisan dan relawan sudah kami minta dilengkapi dengan peralatan cuci tangan, membagikan masker dan tetap tidak berkegiatan yang memicu kerumunan massa, " Tutupnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis telah mengeluarkan maklumat tentang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada Senin 21 September 2020. Maklumat tersebut adalah terkait penegasan pengaturan pelaksanaan pilkada agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Menurut Idham, protokol kesehatan sangat penting dijaga dengan baik‎. Tujuannya adalah dalam memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada penyelenggara pemilihan, peserta pemilih dan seluruh pihak yang terkait.

"Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat tersebut kata Idham, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai peraturan perundangan yang berlaku," tegas Kapolri. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]