Heboh Roti Sourdough Dicap Haram, Ini Awal Mulanya


Rabu, 23 September 2020 - 12:49:01 WIB
Heboh Roti Sourdough Dicap Haram, Ini Awal Mulanya Roti sourdough. Foto: Pixabay/ischaap

HARIANHALUAN.COM - Usai klepon, kini roti sourdough juga dicap haram. Kabar kurang menyenagkan ini pertama kali muncul dari penggunaan ragi alami yang menjadi bahan baku pembuatan roti sourdough.

Tak sedikit yang menyangsikan status halal dari ragi ini karena memiliki kandungan alkohol.

Lalu, sebenarnya apa sih roti sourdough? Dilansir dari laman Food and Wine melalui Viva.co.id, Rabu (23/9/2020, sourdough adalah roti yang terbuat dari campuran tepung dan air yang dibiarkan berfermentasi.

Metode fermentasi ini melibatkan ragi dan bakteri asam laktat yang bermanfaat dari lingkungan, yang kemudian digunakan untuk mengembangkan adonan roti.

Selama ribuan tahun, proses sourdough menjadi satu-satunya cara untuk membuat roti beragi. Kemudian, sekitar 100 tahun yang lalu, para pembuat roti komersial mengubah pembuatan roti dengan menggunakan ragi. Dengan proses ini, membuat roti di pabrik menjadi lebih cepat dan banyak dibandingkan sebelumnya.

Roti sourdough ternyata tak sekadar untuk dikonsumsi saja. Roti ini diketahui memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis roti lainnya. Hal ini lantaran proses fermentasi yang panjang yang mengurai pati dalam adonan.

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan roti putih, roti gandum dan roti sourdough, orang yang makan roti sourdough memiliki kadar gula darah dan insulin yang paling rendah usai makan. Selain itu, kadar glukosa mereka yang menurun bertahan setelah makan berikutnya.

Dalam studi lain, pasien pra-diabetes mengalami kadar glukosa dan insulin yang lebih rendah setelah makan roti sourdough dibandingkan pasien yang makan roti yang dibuat dengan ragi roti komersial. Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi roti sourdough ini dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan metabolisme glukosa yang terganggu.

Selain itu, mengonsumsi roti sourdough juga dianggap dapat memperpanjang umur. Salah satu peneliti, Blue Zones menemukan bahwa 1 dari 3 penduduk di Pulau Ikaria, Yunani, yang mengonsumsi roti sourdough ini bisa hidup lebih dari 90 tahun, dan hampir tidak ada kasus penyakit Alzheimer’s atau demensia. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 09 September 2020 - 15:15:33 WIB

    Heboh, Lamborghini Cuma untuk Jualan Semangka di Turki

    Heboh, Lamborghini Cuma untuk Jualan Semangka di Turki HARIANHALUAN.COM-Tidak banyak pesosor di Indonesia yang memiliki mobil sport mewah keluaran Italia, semisal Lamborghini Aventador  seperti yang dimiliki Raffi Ahmad. Namun di Turki mobil memawah ini digunakan seorang pedagan.
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 15:10:13 WIB

    Waduh! Lokasi Pemancingan Pakai Pemandu Wanita Ini Hebohkan Jagat Maya

    Waduh! Lokasi Pemancingan Pakai Pemandu Wanita Ini Hebohkan Jagat Maya HARIANHALUAN.COM - Jagat maya dihebohkan dengan foto lokasi pemancingan yang memiliki fasilitas pemandu wanita. Gambar-gambar pemancingan pakai pemandu wanita seksi ini viral di media sosial..
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 12:40:48 WIB

    Mengenal Apa Itu Resesi yang Membuat Heboh Dunia

    Mengenal Apa Itu Resesi yang Membuat Heboh Dunia HARIANHALUAN.COM - Baru-baru ini, Singapura membuat heboh. Negara tetangga RI itu resmi resesi. Data yang ditunjukkan Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) Singapura, mengonfirmasi hal ini. Ekonomi Singapura mengalam.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]