Manfaatkan BLT Rp1,2 Juta untuk Bisnis, Anda Bisa Coba Usaha Berikut


Rabu, 23 September 2020 - 12:38:19 WIB
Manfaatkan BLT Rp1,2 Juta untuk Bisnis, Anda Bisa Coba Usaha Berikut Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menerima bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji dari pemerintah memang tidak terlalu besar. Jika tidak dimanfaatkan untuk bisnis, maka uang tersebut akan habis begitu saja. 

Jadi membuka usaha bisa menjadi salah satu opsi yang dijalankan untuk memanfaatkan BLT tersebut. Karena dengan memanfaatkannya untuk membuka usaha, bisa menghasilkan tambahan.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, ketika membuka usaha harus ada perencanaan yang matang. Termasuk juga dari sisi permodalan yang jumlah bantuan yang didapatkan juga tidak terlalu besar.

Oleh karena itu lanjut Andi, jenis usaha yang dipilih juga harus yang minim modal. Salah satu contoh jenis usaha yang bisa dipilih adalah usaha yang menawarkan jasa.

Seperti membuat caption instagram yang saat ini sudah semakin menjamur. Cukup bermodalkan handphone dan kuota internet serta memiliki kehalian merangkai kata-kata yang indah, bisnis ini cukup menjanjikan dengan modal yang minim.

Atau contoh lainnya adalah dengan menawarkan jasa marketing digital atau jasa endorse. Jenis usaha ini hanya membutuhkan jumlah followers yang banyak dan juga memiliki ide-ide kreatif untuk membuat konten.

"Misalnya jasa bikin caption lah, jasa digital marketing lah itu bisa dibilang modalnya sudah punya semua. Modal handphone doang dan kuota internet saja," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (23/9/2020).

Atau selain itu lanjut Andi, jika ingin membuka usah jual beli barang, bisa mencari produk yang saat ini sedang dibutuhkan masyarakat. Atau juga bisa berjualan produk yang kekinian baik itu masker, fesyen hingga makanan dan minuman.

"Cuma untuk berbisnis mesti diperhatikan bahwa, pilih bisnis yang memang produk tersebut banyak dicari orang yang dicari. Misalnya berupa produk, bisnis kekinian berupa jasa," jelasnya.(*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]