Tak Cuma Kalteng, Provinsi Ini juga Bakal jadi Lumbung Pangan Penyelamat RI


Rabu, 23 September 2020 - 10:33:28 WIB
Tak Cuma Kalteng, Provinsi Ini juga Bakal jadi Lumbung Pangan Penyelamat RI Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada jajarannya terkait pelaksanaan program lumbung pangan atau food estate.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah menetapkan wilayah Kalimantan Tengah, tepatnya Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, sebagai lokasi program lumbung pangan atau food estate.

Namun, ternyata pemerintah tak hanya membangun food estate di wilayah tersebut. Setidaknya, sudah ada beberapa lokasi yang nantinya akan menjadi tempat berkembang food estate.

"Kita telah menyiapkan sementara ini dua lokasi yaitu di Kalimantan Tengah, kemudian di Sumatera Utara," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas, Rabu (23/9/2020).

Food estate yang akan dibangun di Sumatera Utara berada di Kabupaten Humbang Hasundutan. Kedua wilayah ini, kata Jokowi, akan mendapatkan prioritas terdepan untuk mengembangkan food estate.

"Meskipun kita juga ada rencana akan kita lanjutkan setelah mulai pengerjaan di lapangan untuk di provinsi lain yaitu di Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Selatan," kata Jokowi.

Sebagai informasi, lokasi food estate di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas dengan Area of Interest (AOI) memiliki luas 165.319,12 hektare.

Lokasi yang akan dikerjakan pada tahap pertama seluas 74.808,77 hektare dengan lokasi di Kabupaten Pulang Pisau terletak di Desa Pandih Batu dan Desa Anjir Serapat/Pulau Kupang, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]