Ini Ancaman untuk Pelanggar Protokol Kesehatan di Kabupaten Pessel


Rabu, 23 September 2020 - 10:25:08 WIB
Ini Ancaman untuk Pelanggar Protokol Kesehatan di Kabupaten Pessel Hendrajoni

HARIANHALUAN.COM - Meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan beberapa hari terakhir membuat pemerintah setempat mengeluarkan aturan baru. Seperti menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 yang harus dilakukan secara ketat. 

Namun, tak hanya sekedar mengingatkan tapi bagi warga yang melanggar akan mendapatkan sejumlah sanksi atau hukuman. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Bupati Kabupaten Pessel, Hendrajoni.

"Apabila ada yang melanggar, maka akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku. Oleh karena itu, diminta kepada seluruh elemen menerapkan protokol kesehatan sebagaimana mestinya," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Rabu (23/9).

Dikatakan, sanksi yang dikenakan kepada pelanggar protokol kesehatan seperti hukuman sosial, denda, membersihkan jalan atau fasilitas umum dan lain sebagainya. Hendrajoni menegaskan jika warga yang melanggar protokol kesehatan nantinya merasa malu atau tidak ingin mendapatkan sanksi maka jalannya harus mematuhi aturan tersebut.

"Kalau tidak ingin kena sanksi, maka mari patuhi protokol kesehatan sebagaimana mestinya. Semua ini adalah untuk diri kita sendiri dan juga orang lain agar terhindar dari bahaya Covid-19," katanya.

Disebutkan, lonjakan kasus positif Covid-19 di Pesisir Selatan terus terjadi dan hampir setiap hari. Masalah ini harus menjadi perhatian serius bagi semua pihak. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga telah mengeluarkan larangan menggelar pesta, panggung hiburan, keramaian dan sejenisnya.
Selanjutnya, mewajibkan tes swab bagi pelaku perjalanan luar provinsi dan daerah terjangkit bagi para pejabat, ASN, dan masyarakat.

"Kita meminta masyarakat untuk sementara waktu tidak menggelar pesta, panggung hiburan, keramaian dan sejenisnya. Kemudian larangan tersebut hendaknya disosialisasikan kepada masyarakat secara intensif," ucapnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]