Sering Alami Kendala Layanan Kependudukan, Pemkab Pessel Tingkatkan Jarkomdat


Rabu, 23 September 2020 - 10:18:43 WIB
Sering Alami Kendala Layanan Kependudukan, Pemkab Pessel Tingkatkan Jarkomdat Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Seringnya mengalami kendala dalam pelayanan kependudukan serta dalam mendukung kinerja pada Unit Kerja Layanan Dukcapil Kecamatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan melakukan peningkatan kapasitas jaringan komunikasi data (Jarkomdat).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK & PD), Sartoni Nursalim yang mengatakan peningkatan itu merupakan tindak lanjut dari pelaporan tim teknis Dinas Dukcapil Pesisir Selatan.

“Pelayanan di UKL Kecamatan Batang Kapas sering mengalami kendala terutama pada koneksi pelayanan, baik koneksi lokal ke server yang terdapat pada dinas maupun koneksi ke server di Kemendagri. Hal ini tentu menyebabkan pelayanan adminduk kepada masyarakat sedikit melambat dan tidak maksimal karena memakan waktu yang tidak sesuai dengan yang ditentukan dalam standar operasional prosedur pelayanan di UKL Kecamatan,” katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Rabu (23/9).

Menanggapi hal tersebut, perlu dilakukan penggantian jaringan yang sebelumnya masih sistem sentral menggunakan saluran udara dengan kabel tembaga diganti dengan jaringan Point To Point dengan menggunakan jaringan Fiber Optik sebagai media penghubung dengan berkerjasama dengan PT. Telkom sebagai provider penyedia jaringan komunikasi data (Jarkomdat) Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sartoni mengatakan dari 15 unit Kerja Layanan Kecamatan, 11 UKL diantaranya sudah menggunakan jaringan fiber optik, tiga UKL menggunakan koneksi V-Sat dan satu UKL menggunakan jaringan telkom sentral (Jaringan Lama) yaitu UKL Kecamatan Batang Kapas.

"Dengan peningkatan kapasitas jaringan pelayanan di UKL Kecamatan Batang Kapas ini maka seluruh UKL Dukcapil Pelayanan telah menggunakan jaringan komunikasi data yang menggunakan jalur fiber optik ataupun menggunakan V-Sat," jelasnya.

Sebelum jaringan telkom ini tersedia di lima UKL tersebut, Sartoni menerangkan juga pernah menggunakan jalur Virtual Private Network (VPN) yang disediakan oleh Jarkomdat Kemendagri dengan menggunakan jaringan GSM atau ponsel namun koneksi ini tentu membutuhkan biaya yang tinggi untuk penyediaan kuota internet GSM pada modem pelayanan.

"Dengan telah ditingkatkannya kapasitas jaringan di seluruh UKL Kecamatan ini, pelayanan adminduk dapat berjalan lebih maksimal.” tutupnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]