Erick Thohir Bantah Ahok soal Direksi Pertamina Lobi Menteri


Rabu, 23 September 2020 - 09:39:43 WIB
Erick Thohir Bantah Ahok soal Direksi Pertamina Lobi Menteri Erick Thohir

HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara soal direksi PT Pertamina (Persero) yang disebut hobi melobi menteri oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Erick menegaskan, tak ada direksi yang melobi menteri. Ia menilai, selama ini direksi hanyalah melakukan pembicaraan biasa dalam rapat dengan menteri.

"Lho, kalau saya kan hubungan direksi, komisaris, dengan menteri kan hal yang biasa saya rasa. Kalau dibilang lobi-lobi, semua itu pembicaraan, rapat, bukan lobi. Sesuatu yang biasa," tegas Erick ketika ditemui awak media usai menghadiri rapat kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Erick menuturkan, sudah menjadi keharusan bagi direksi dan komisaris BUMN untuk dekat dengan menteri-menteri. Menurutnya, jika tak dekat justru kerja sama tim antara BUMN dengan pemerintah tak berjalan.

"Komisaris, direksi harus dekat dengan menterinya. Kalau nggak nanti yang kita mau teamwork jadi nggak jalan," kata Erick.

Selain itu, ia menilai pembicaraan antara menteri dengan direksi BUMN sudah kerap kali dilakukan. Ia mencontohkan dirinya sebagai Menteri BUMN yang pekan lalu menggelar pertemuan dengan para direksi untuk membahas transformasi perusahaan.

"Karena itu kan saya ngasih arahan pada saat ketemu seluruh direksi, mengenai yang transformasi BUMN yang sudah ada di Instagram saya," tandasnya.

Sebagai informasi, pada 15 September 2020 lalu Ahok buka-bukaan soal aib manajemen Pertamina, salah satunya direksi yang hobi lobi menteri.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian," ungkap Ahok melalui akun YouTube POIN seperti dikutip detikcom.

Ahok pun memiliki cara untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah lelang terbuka.

"Saya potong jalur birokrasi, Pertamina itu dulu naik pangkat mesti pakai kayak pangkat, Pertamina reference level orang mesti kerja sampai SVP bisa 20 tahun ke atas saya potong semua mesti lelang terbuka," terangnya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 10:34:12 WIB

    Amankan Vaksin Covid-19, Erick dan Menlu Retno Terbang ke Inggris

    Amankan Vaksin Covid-19, Erick dan Menlu Retno Terbang ke Inggris HARIANHALUAN.COM - Untuk menjalin kerja sama atas vaksin virus corona (Covid-19), Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir, dan tim Kementerian Kesehatan akan melakukan .
  • Ahad, 27 September 2020 - 07:30:12 WIB

    Mantap Nih! Erick Thohir Sebut Ada Bansos Baru

    Mantap Nih! Erick Thohir Sebut Ada Bansos Baru HARIANHALUAN.COM - Sejumlah program jaring pengaman sosial atau social safety net kemungkinan akan dilanjutkan hingga 2021. Bahkan, akan menambahkan sejumlah program baru bagi masyarakat yang terdampak Covid-19..
  • Kamis, 24 September 2020 - 20:19:51 WIB

    Isolasi Mandiri OTG dan ODP Covid-19, Erick Thohir Kerahkan Hotel BUMN

    Isolasi Mandiri OTG dan ODP Covid-19, Erick Thohir Kerahkan Hotel BUMN HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN Iswandi Said mengatakan, Kementerian BUMN di bawah Erick Thohir bakal menyiapkan hotel BUMN untuk isolasi mandiri serta bagi orang tanpa gejala (O.
  • Kamis, 24 September 2020 - 12:03:50 WIB

    Mantap! Erick Thohir Sebut RI Sudah Bisa Bikin Obat Corona Sendiri

    Mantap! Erick Thohir Sebut RI Sudah Bisa Bikin Obat Corona Sendiri HARIANHALUAN.COM - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyatakan Indonesia akan memproduksi sendiri obat corona untuk pasien Covid-19, yakni favipiravir atau avigan serta oseltamivir..
  • Kamis, 17 September 2020 - 16:17:15 WIB

    Erick Thohir Panggil Ahok, Andre Rosiade: Semoga tak Gaduh lagi

    Erick Thohir Panggil Ahok, Andre Rosiade: Semoga tak Gaduh lagi HARIANHALUAN.COM — Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang langsung bertemu dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok Kamis (17/9). Anggota F.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]