Agar tak Mudah Diretas, Ini Cara Membuat Password yang Kuat


Selasa, 22 September 2020 - 06:42:36 WIB
Agar tak Mudah Diretas, Ini Cara Membuat Password yang Kuat Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Semakin canggihnya perkembangan teknologi digital dan semakin banyaknya para pengguna teknologi digital, tentunya memberikan peluang yang cukup lebar pula bagi para pelaku kejahatan digital.

Salah satu kejahatan digital yang terus menerus dan semakin marak terjadi adalah peretasan akun. Entah itu sekedar akun game online, akun media sosial, akun email, hingga akun bisnis online dan perbankan, tentunya akan merugikan bagi siapa pun yang mengalaminya.

Nah, untuk itulah diperlukan pengetahuan mengenai cara membuat password yang kuat, sehingga akun-akun digital milik kalian pun tidak mudah dibobol oleh para hacker. Berikut ini cara-caranya.

5 Cara Membuat Password yang Kuat Agar Tidak Mudah Dibobol

1. Password yang panjang

Seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Selasa (22/9/2020), langkah pertama dalam cara membuat password yang kuat adalah menyiapkan kombinasi password yang panjang. Tahukah kamu bahwa peretas mampu menebak sekitar 350 miliar tebakan password per detik yang berarti mereka dapat memecah 8 karakter hanya dalam hitungan detik.

Dulu umumnya password yang bagus itu mencapai 8 karakter, namun kini para ahli merekomendasikan untuk membuat kombinasi password yang panjangnya mencapai 13 hingga 20 karakter

2. Sekreatif mungkin

Upaya lainnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat password yang kuat yakni dengan menciptakan kombinasi password yang kreatif. 

Umumnya banyak orang menciptakan password dengan menggunakan bentuk nama orang yang disayangi, nama hewan peliharaan, nama jalan, tanggal lahir, tim olahraga favorit dan sebagainya.

Beberapa orang juga masih menggunakan password yang sangat umum dengan bentuk “password” atau “admin” atau “Qwerty” atau “123456” dan sebagainya.

Nyatanya bentuk password ini mudah sekali ditebak oleh para hacker, terutama mereka yang sempat meretas password kamu atau menemukan informasi tentang kamu di media sosial.

Hacker memiliki suatu sistem bernama dictionary attack, yakni serangan dimana kata password dicari secara sistematis terhadap semua password lainnya dalam kamus atau daftar password yang telah ada sebelumnya. Lalu seperti apa password yang kreatif?

Kamu bisa membuat password dengan menggabungkan kombinasi simbol, huruf besar dan huruf kecil. Contoh, pengguna bisa mengganti password dari “happy777” menjadi bentuk password yang kuat menjadi [email protected]!931.

Cara lain adalah dengan menjadikan suatu lirik lagu dan mengubahnya menjadi akronim. Misalkan lirik lagu “Twas the night before christmas and all through the house” menjadi “TtnbCaatth.”

3. Bedakan password untuk beberapa akun

Cara membuat password yang kuat lainnya yaitu menghindari membuat password yang sama untuk beberapa akun sekaligus. Contoh password email, sama seperti password Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Memang, secara logika password yang sama memudahkan pengguna dalam mengingat password di beberapa platform. Akan tetapi kebiasaan ini akan membuat hacker mudah meretas semua akun dan mendapatkan t (PII) untuk tujuan kejahatan.

Bila kamu takut lupa berbagai macam password yang telah kamu buat, kamu bisa menuliskannya di secarik kertas atau buku yang kamu miliki dan jauh dari jangkauan orang lain.

Namun ingat, jangan tuliskan password kamu di dalam program word, atau spreadsheet sebab bisa kemungkinan dicuri juga.

Edward Goodman, kepala Identity Theft 911 menyarankan kamu untuk menggunakan aplikasi manajer password seperti passwordBox, Roboform atau LastPass.

4. Gunakan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Layanan autentikasi dua faktor ini tergantung dari platform yang kamu gunakan. Biasanya platform yang telah menggunakan Two factor authentication akan mengirimkan OTP juga dalam bentuk SMS.

Selain itu, ada pula bentuk 2FA yang lain yakni pertanyaan yang jawabannya hanya diketahui pengguna dan token fisik yang terpasang pada perangkat.

Beberapa platform ecommerce telah menggunakan bentuk 2FA ini, contohnya Tokopedia yang beberapa waktu lalu diserang berita pencurian data.

Perusahaan tersebut mengaku telah melindungi data user dengan 2FA dalam bentuk OTP dan Google Authenticator.

5. Rutin ganti password

Cara terakhir membuat password yang kuat yakni sering memperbarui password yang kamu punya. Setidaknya setiap jangka waktu 3 bulan sekali. Jangan lupa untuk mencatat perubahan sandi tersebut ya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 10:47:15 WIB

    Tagar OmbibusLawSampah dan DPRRIKhianatiRahyat Trending Twitter

    Tagar OmbibusLawSampah dan DPRRIKhianatiRahyat Trending Twitter HARIANHALUAN.COM - DPR RI pada hari Senin (5/10/2020) kemarin baru saja mengesahkan RUU Cipta Kerja. Pengesahan tersebut digelar pada rapat paripurna kemarin. Banyak pihak yang menilai Regulasi tersebut dinilai merugikan peke.
  • Jumat, 18 September 2020 - 07:36:50 WIB

    3 Kiat Agar Terhindar dari Pembobolan Internet Banking

    3 Kiat Agar Terhindar dari Pembobolan Internet Banking HARIANHALUAN.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan fasilitas internet banking mengingat mulai munculnya modus kejahatan mencuri data pribadi nasabah (phishing)..
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 20:35:09 WIB

    Agar Bisa Cuan, Ini 7 Aplikasi untuk Jual Foto Hasil Jepretanmu

    Agar Bisa Cuan, Ini 7 Aplikasi untuk Jual Foto Hasil Jepretanmu HARIANHALUN.COM - Dengan perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih, kini setiap orang mampu memiliki kemampuan fotografi mumpuni tanpa harus memiliki kamera DSLR yang canggih nan mahal..
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 14:43:09 WIB

    Tips Agar Laptop Tidak Sering Mati karena Overheating

    Tips Agar Laptop Tidak Sering Mati karena Overheating HARIANHALUAN.COM - Salah satu penyebab laptop mati sendiri adalah overheat. Overheat (terlalu panas) merupakan keadaan saat laptop mengalami panas berlebihan yang melebihi batasnya. Apabila laptop mengalami overheat, mak.
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 22:36:03 WIB

    Agar Lebih Hemat, Pekerja dan Pelajar Bisa Gunakan Paket Data Ini

    Agar Lebih Hemat, Pekerja dan Pelajar Bisa Gunakan Paket Data Ini HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menawarkan paket inovatif bagi para pelanggan pascabayar XL PRIORITAS. Paket baru bernama “PRIO Bekerja & Belajar” ini bisa pelanggan manfaatkan sebagai booster un.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]