Presiden Teken Inpres Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021


Senin, 21 September 2020 - 15:46:13 WIB
Presiden Teken Inpres Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021 Piala Dunia U-20

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun dalam rangka memberikan dukungan terkait penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021. 

Dalam Inpres tersebut, Presiden menginstruksikan kepada Menko PMK, Mensesneg, Mendagri, Menlu, Menkumham, Menkeu, Menkes, Menaker, Mendag, Menteri PU PR, Menhub, Menkominfo, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri BUMN, Menparekraf, Menpora, Sekretaris Kabinet, Jaksa Agung, Panglima TNI dan Kapolri.

Juga ada instruksi kepada Kepala BPKP, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jabar, Gubernur Jateng, Gubernur Jatim, Gubernur Bali, Gubernur Sumsel, Wali Kota Palembang, Wali Kota Bandung, Wali Kota Surakarta, Wali Kota Denpasar, Wali Kota Surabaya, Bupati Gianyar, Bupati Bandung, Bupati Badung dan Bupati Bangkalan.

Sesuai Inpres tersebut, Presiden juga memberikan tugas secara khusus pejabat-pejabat itu. ‘’Mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing secara terkoordinasi dan terintegrasi untuk mendukung penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021,’’ bunyi Diktum pertama Inpres tersebut.

Salah satu bunyi instruksi khusus Presiden kepada Menteri PUPR adalah mengalokasikan anggaran dan melaksanakan renovasi Stadion Manahan di Kota Surakarta dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar, mengalokasikan anggaran dan melaksanakan renovasi lapangan latihan di beberapa kota yang menjadi stadion penyelenggara di Indonesia. 

Kemudian, melakukan koordinasi dengan kementerian, pejabat pusat dan daerah terkait prasarana dan sarana yang akan direnovasi untuk penyelenggaraan, FIFA U-20 World Cup 2021. Juga melaksanakan upaya percepatan pengadaan jasa konstruksi dalam rangka renovasi prasarana dan sarana untuk penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021.

Setelah itu, menyerahkan hasil renovasi kepada kementerian/lembaga /pemerintah daerah dan melakukan koordinasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam rangka penetapan standar prasarana dan sarana (venue utama dan lapangan latihan) dalam rangka penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021.

Kepada seluruh pejabat tersebut, Presiden minta untuk melaksanakan Inpres ini tanggung jawab. “Instruksi Presiden ini mulai berlaku pada tanggal dikeluarkan,” bunyi akhir Inpres yang ditandatangani pada 15 September 2020 oleh Presiden Jokowi. (*)

loading...
 Sumber : Setkab.go.id /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]