Kini Mulai Banyak Tersedia, IDI Sarankan Masyarakat Pakai Masker Bedah


Ahad, 20 September 2020 - 20:42:09 WIB
Kini Mulai Banyak Tersedia, IDI Sarankan Masyarakat Pakai Masker Bedah Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bukan masker kain satu lapis, buff dan scuba yang direkomendasikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mencegah pandemi virus corona SARS-CoV2 (Covid-19). Tapi IDI menyarankan masyarakat mengenakan masker jenis bedah karena perlindungannya yang sangat tinggi.

Apalagi saat ini banyak masker bedah yang banyak dijual di minimarket dan lebih terjangkau harganya dibandingkan saat awal pandemi virus corona SARS-CoV2 (Covid-19). 

"Kalau pakai masker bedah itu lumayan banget bisa melindungi hingga 90 persen. Jadi, kalau ada masker bedah ya pakai itu, apalagi saya lihat di minimarket banyak yang menjualnya dengan harga lumayan murah," kata Ketua Satgas Covid-19 IDI Zubairi Djoerban saat dibubungi Republika, Ahad (20/9).

Kendati demikian, ia menyadari seringkali masker kain satu lapis, buff, dan scuba digunakan masyarakat. Bahkan, masker dengan model cantik juga digunakan karena dianggap bisa mencegah penularan virus. Padahal, ia menyebutkan seringkali masker jenis ini hanya terdiri dari satu lapis kain, jadi tidak memadai. 

"Walaupun kelihatan menarik tetapi perlindungannya hanya 5 persen ya tidak bisa dipakai. Sebab, masker-masker jenis ini tidak bisa memberikan perlindungan efektif melawan virus yang bisa menyebar lewat udara dan bisa terbang jauh, tidak hanya satu atau dua meter," katanya.

Karena itu, ia meminta masyarakat memperhatikan hal ini dan memilih masker sesuai standar untuk memfilter droplet. Ia meminta upaya ini penting dilakukan banyak karena kasus Covid-19 di Tanah Air yang lebih buruk atau dalam sehari bisa lebih dari 4 ribu kasus baru.

Artinya, dia melanjutkan, kondisi semakin gawat dan seharusnya bisa dicegah dengan memakai masker sesuai standar. Yang juga tak kalah penting, dia melanjutkan, adalah menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

"Lindungi diri kita dan keluarga," katanya. (*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 Oktober 2020 - 10:54:28 WIB

    Kabar Baik! Vaksin COVID-19 Kini Sudah Bisa Dipesan Secara Daring Lho

    Kabar Baik! Vaksin COVID-19 Kini Sudah Bisa Dipesan Secara Daring Lho HARIANHALUAN.COM - Kabar baik mulai bisa dirasakan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Vaksin COVID-19 buatan China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) sudah bisa dipesan secara daring oleh warga Wuhan dan Beijing, C.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 20:39:08 WIB

    Kini Indonesia 'Juara Satu' Kasus Covid-19 di ASEAN

    Kini Indonesia 'Juara Satu' Kasus Covid-19 di ASEAN HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia kembali mengumumkan update kasus baru virus corona sebanyak 1.031 kasus pada hari Rabu (17/6/2020).  Dengan adanya penambahan tersebut, jumlah total kasus infeksi Covid-19 di Indonesia.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:13:47 WIB

    Kabar Baik, Vitamin K Diyakini Bisa Lawan Covid-19

    Kabar Baik, Vitamin K Diyakini Bisa Lawan Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Para peneliti di Belanda meyakini bahwa vitamin K, yang bisa ditemukan pada bayam, brokoli, telur, dan keju, bisa membantu melawan infeksi virus corona baru Sars-Cov-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19..
  • Senin, 18 Mei 2020 - 15:39:16 WIB

    Boleh Dicoba! 9 Obat Ini Diyakini Bisa Memerangi Gejala Covid-19

    Boleh Dicoba! 9 Obat Ini Diyakini Bisa Memerangi Gejala Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Saat ini, belum ada obat yang dapat mencegah atau menyembuhkan virus corona atau COVID-19. Dan para peneliti sedang berlomba-lomba menguji serta mengembangkan berbagai pengobatan baru. Namun, ada obat-obat.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 20:47:19 WIB

    Kian Canggih, RSUD Achmad Muchtar Kini Miliki Kateterisasi Jantung

    Kian Canggih, RSUD Achmad Muchtar Kini Miliki Kateterisasi Jantung BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Meningkatkan layanan kepedulian terhadap kesehatan jantung pada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Muchtar Bukittinggi sekarang memiliki Ruang Operasi Cathlab atau kateterisasi .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]