Mantan Wapres Sarankan Pilkada Ditunda hingga Vaksin Ditemukan


Ahad, 20 September 2020 - 09:05:23 WIB
Mantan Wapres Sarankan Pilkada Ditunda hingga Vaksin Ditemukan Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

HARIANHALUAN.COM - Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla menyarankan agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 ditunda. Penundaan Pilkada ini dilakukan hingga vaksin Covid-19 ditemukan. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Keselamatan dan kesehatan masyarakat harus diutamakan pada kondisi saat ini.

Pilkada Serentak 2020 akan dilaksanakan pada Desember mendatang di tengah pandemi Covid-19. "Saya sarankan ditunda dulu sampai beberapa bulan sampai dengan vaksin ditemukan. Dan vaksin ditemukan nanti langsung menurun itu (penyebaran Covid-19)," ujar Jusuf Kalla di gedung BPMJ Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (19/9/2020).

KPU perlu menyusun aturan yang ketat, termasuk sanksi, mengenai mekanisme selama pelaksanaan kampanye atau berkumpulnya massa di tengah pandemi Covid-19. Kalau terjadi pelanggaran syarat-syarat dalam aturan, misalnya yang dibolehkan kampanye hanya 50 orang, tapi datang 200 orang, sebaiknya Pilkada segera ditunda. Penundaan ini tidak akan mengganggu jalannya pemerintahan. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]