Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS


Sabtu, 19 September 2020 - 18:36:21 WIB
Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS Divisi Teknis dan Penyelenggara bersama Divisi Hukum dan Pengawasan lounching Pengumuman DPS di Aula Hotel Jelita Tuapejat

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini, Sabtu, (19/09) melaunching pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) bertempat di Aula Hotel Jelita, Jalan Raya Tuapejat Km 0, Kecamatan Sipora Utara. 

Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Mentawai Iswanto mengatakan bahwa pengumuman DPS tersebut dilakukan untuk mendapatkan koreksi kembali secara terbuka dari masyarakat, apabila ada data pemilih yang belum masuk dengan alasan tertentu. 

"Jadi hari ini, kita sudah menyebarkan pengumuman Daftar Pemilih Sementara di setiap Desa untuk mendapatkan koreksi dari Masyarakat secara terbuka, misalnya ada pemilih baru, pemilih potensial, warga meninggal, pemilih ganda atau belum terdaftar," Kata Iswanto usai melounching pengumuman DPS mewakili Ketua KPU Mentawai Eki Butman.

Ia menyebutkan pengumuman DPS tersebut akan berlangsung mulai 19-28 September 2020. Masyarakat diminta datang ke Kantor Desa masing-masing untuk memastikan terdaftar sebagai pemilih pada Pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, pada 9 Desember mendatang. 

" Secara bisa menyampaikan tanggapan atau koreksi apabila ada data yang tidak sesuai atau belum terdaftar ke jajaran atau mitra KPU mulai dari tingkat bawah atau boleh langsung ke KPU, diantaranya PPS, PPK, KPU, Pengawas Desa, Pengawas Kecamatan dan Bawaslu, syaratnya bawa KTP atau identitas kependudukan, untuk dicocokkan atau didaftarkan," paparnya.

Pada kesempatan yang sama Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Mentawai Maria Delfi Yanti Maruhawa mesosialisakan tahapan pilkada Pilgub Sumbar 9 Desember mendatang diantaranya pengawasan pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DPS mulai tanggal 19-28 September, Pengumuman DPT oleh PPS 28 oktober - 6 Desember 2020.

Kemudian Tahapan Kampanye secara tertutup dan secara terbuka mulai 26 September-5 Desember 2020 dengan syarat mengurus surat izin/pemberitahuan, peserta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19, materi Kampanye dilarang menggunakan sara, ujuran kebencian dan Hoax.

Kemudian tahapan kampanye melalui Media sosial, Media Cetak, Media Online, radio dan televisi mulai 26 September - 5 Desember 2020. Kemudian pembentukan KPPS mulai 1 Oktober- 23 November 2020, tahapan produksi dan distribusi logistik mulai 24 September - 8 Desember 2020, Kemudian 9 Desember pemungutan suara yang dilanjutkan dengan penghitungan dan rekapitulasi suara sampai 20 Desember 2020. (*)

 

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]