Kelenjar Getah Bening Bisa Hilang dengan Bumbu Dapur Ini


Sabtu, 19 September 2020 - 14:39:01 WIB
Kelenjar Getah Bening Bisa Hilang dengan Bumbu Dapur Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kelenjar getah bening mengandung sel-sel imun yang berfungsi melawan serangan zat asing atau patogen. Namun, ketika sel-sel imun tersebut dihasilkan terlalu banyak, maka kelenjar getah bening bisa membengkak.

Pembengkakan kelenjar getah bening sendiri bisa terjadi di beberapa anggota tubuh seperti leher, ketiak, dagu, pangkal paha, belakang telinga dan belakang kepala. Di beberapa kasus, pembengkakan kelenjar getah bening bisa pulih dengan sendirnya.

Tapi, ada juga yang membutuhkan perawatan untuk menyembuhkannya. Nah, ternyata bawang putih bisa menjadi salah satu perawatan untuk kelenjar getah bening yang bengkak. Lantas, bagaimana merawat kelenjar getah bening yang bengkak menggunakan bawang putih?

Sebelum mengetahui cara mengolah bawang putih untuk atasi kelenjar getah bening yang bengkak, ketahui terlebih dahulu bagaimana bawang putih bisa mengatasi masalah pembengkakan kelenjar getah bening.

Usut punya usut, ternyata bawang putih mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat membantu menghilangkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Di samping itu bawang putih mengandung Allicin, senyawa yang bisa menyingkirkan tumpukan bakteri di tenggorokan atau di leher.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika menggunakan bawang putih untuk mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening.

Cara yang pertama: mengonsumsi bawang putih secara langsung sebanyak 2-3 siung bawang putih setiap hari.

Cara kedua: Untuk Anda yang tidak suka mengonsumsi bawang putih secara langsung, Anda bisa memasukan bawang putih ke dalam menu masakan harian Anda.

Cara ketiga: Alternatif lain yaitu Anda bisa memijat benjolan dengan minyak bawang putih selama beberapa menit. Lakukan pemijatan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Cara keempat: Anda bisa mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari. Tapi, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Waspadai Kelenjar Getah Bening di Ketiak

Benjolan di area ketiak seringkali muncul tanpa disadari. Penyebabnya pun bermacam-macam. Salah satunya adalah pembengkakan kelenjar getah bening.

5 Cara Menyembuhkan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah organ tubuh yang sangat penting untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. Dalam tubuh manusia, ada ratusan kelenjar getah bening yang tersebar di seluruh tubuh mulai dari kepala hingga ke kaki.

Bila terjadi infeksi pada tubuh, kelenjar getah bening akan mengalami pembengkakan untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, maka kelenjar getah bening yang bengkak tersebut akan mengempis dengan sendirinya.

Namun jika pembengkakan kelenjar getah bening berlangsung lama dan menyakitkan, tentu pengobatan sangat penting untuk dilakukan. Nah, berikut ada beberapa cara untuk mengobati pembengkakan kelenjar getah bening yang bisa dicoba. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 13:40:13 WIB

    Apa Itu Kelenjar Getah Bening? Kenali Gejala dan Penyebabnya

    Apa Itu Kelenjar Getah Bening? Kenali Gejala dan Penyebabnya HARIANHALUAN.COM - Penyakit kelenjar getah bening merupakan salah satu yang bisa menyebabkan kematian. Kelenjar getah bening ini berukuran kecil yang berfungsi untuk menyaring cairan dari sistem jaringan limfa..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]