Bisa Sebabkan Diabetes, Segera Ganti Nasi Putih dengan Kol Cincang


Sabtu, 19 September 2020 - 14:08:34 WIB
Bisa Sebabkan Diabetes, Segera Ganti Nasi Putih dengan Kol Cincang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Nasi putih kerap disebut sebagai penyebab diabetes, obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Apalagi beberapa waktu belakangan tersebar sebuah penelitian, di mana 21 negara menyebut jika nasi putih adalah penyebab diabetes.

Apalagi nasi putih mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, sehingga tidak baik dikonsumsi dalam jumlah besar. Ditambah, nasi putih bukan pilihan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Nah untuk menyiasati 'ketergantungan' nasi putih, ada alternatif lain yang jauh lebih sehat yaitu kol. Manfaat kol putih ini sangat luar biasa untuk kesehatan, karena termasuk ke dalam golongan sayuran.

Manfaat Kol Putih

Kol putih adalah pilihan yang sangat baik karena kaya akan nutrisi dan vitamin, terutama vitamin C dan K. Di mana satu porsi setara 75 gram, menyediakan 68 persen nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari.

Manfaat penting lainnya dari kol putih adalah termasuk kemampuannya untuk membantu pencernaan, memerangi peradangan, dan menurunkan risiko tertular penyakit tertentu. Kandungan vitamin yang tinggi, akan meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus membuat kulit glowing.

Selain manfaat kesehatan yang luar biasa, tekstur kol putih begitu renyah dengan sedikit rasa manis.

Cara Mempersiapkan Kol Putih sebagai Pengganti Nasi

Dikutip dari Sahijab dari Cookist, Sabtu (19/9/2020), saat menggunakan kol putih sebagai pengganti nasi, sebaiknya dicincang. Dalam tiga langkah mudah, Anda akan memiliki cukup kol putih yang siap untuk hidangan yang mengenyangkan.

Untuk mempersiapkan:

Pertama, bersihkan kol secara menyeluruh

Cincang halus dengan tangan atau menggunakan food processor.

Masak dengan sedikit minyak di atas api sedang sampai empuk.

Sayuran penting lainnya yang biasa disiapkan untuk menggantikan nasi adalah brokoli dan kembang kol. Cara penyajiannya pun hampir sama, atau Anda bisa mengukusnya jika tidak ingin menggunakan minyak.

Nah, mudah bukan cara menyajikan kol sebagai pengganti nasi putih yang jauh lebih sehat. (*)

loading...
 Sumber : Sahijab.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]