Ada 5 Alasan MotoGP Lebih Menarik ketimbang F1, Nomor 1 karena Ada Valentino Rossi


Sabtu, 19 September 2020 - 12:47:03 WIB
Ada 5 Alasan MotoGP Lebih Menarik ketimbang F1, Nomor 1 karena Ada Valentino Rossi Valentino Rossi

HARIANHALUAN.COM - Saat ini ada dua balapan terpopuler bagi penggemar olahraga yang memacu adrenaline, yakni MotoGP dan Formula One (F1). MotoGP dan F1 memiliki kelebihannya masing-masing yang memikat bagi para penonton.

Kali ini, akan dibahas mengenai kelebihan-kelebihan MotoGP yang membuatnya lebih menarik ketimbang F1. Ada lima alasan MotoGP lebih menarik daripada F1, mengutip dari Bikes Republic, Sabtu (19/9/2020).

5. Suara Mesin yang Lebih Garang

Sebagaimana diketahui, MotoGP membalap menggunakan motor sedangkan F1 memakai mobil. Kedua kendaraan itu memiliki kelebihannya masing-masing. Mobil F1 sudah pasti lebih kencang ketimbang motor MotoGP. Akan tetapi, itu tidak membuat F1 lebih menarik.

Motor MotoGP memiliki suara yang sangat garang. Suara itu membuat adrenaline setiap orang yang mendengarnya terpacu. Bagi sebagian penggila adrenaline, balapan dengan motor MotoGP lebih menarik.

4. Tidak Ada Bernie Ecclestone

Bernie Ecclestone, adalah mantan bos F1. Ia memimpin sejak 1987 hingga 2017. Bernie banyak membuat keputusan yang meningkatkan pamor F1 hingga seperti sekarang. Akan tetapi, ada juga beberapa keputusannya yang terhitung kontroversial.

Bernie pernah melarang semua video balapan F1 tayang di media sosial, seperti YouTube pada 2014 silam. Pria asal Inggris itu ingin menjaga eksklusivitas tayangan F1 dan meningkatkan aktivitas departemen media digital F1. Jadi, berbagai tayangan tentang F1 hanya bisa dilihat di situs, aplikasi, serta berbagai media sosial F1.

Keputusan itu cukup menuai kontroversi. Sebab, para penggemar yang mengambil video balapan diharuskan menghapus rekamannya tersebut. Hal itu justru menghambat F1 untuk lebih mendunia.

3. Kegiatan Para Pembalap di Luar Balapan

Para pembalap F1 sering menghabiskan waktunya di luar balapan dengan menghadiri peragaan busana dan kegiatan lain yang hampir tidak berhubungan sama sekali dengan bidangnya. Sementara itu, para pembalap MotoGP justru tetap melakukan hal yang berkaitan dengan motor di luar balapan. Ambil contoh, pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, yang menghabiskan waktu luang dengan balapan motorcross.

2. MotoGP Lebih Menawarkan Drama

MotoGP, adalah olahraga yang kerap menghadirkan kejadian tidak terduga. Bisa terjadi banyak hal dalam sebuah balapan, seperti yang tersaji di MotoGP Styria 2020. Pembalap Red Bull KTM Tech3, Miguel Oliveira, secara mengejutkan memenangkan balapan di Sirkuit Red Bull Ring tersebut.

Oliveira yang bukan unggulan, menang dengan melibas dua pembalap sekaligus di tikungan terakhir sebelum garis finis. Kejadian seperti itu sulit terulang di F1, karena kemenangan bisasanya didominasi oleh para pembalap besar.

1. Velentino Rossi

Yang membuat MotoGP lebih menarik ketimbang F1, adalah Rossi. The Doctor –julukan Rossi– jadi pusat perhatian hampir semua orang di dunia. Ia bagaikan wajah lain dari MotoGP yang membuat olahraga roda dua terelite di dunia itu semakin terkenal.

F1 memiliki sosok seperti Rossi dulu, ketika Michael Schumacher masih aktif. Akan tetapi, tidak ada lagi pembalap yang membuat orang-orang kepincut pada F1 setelah Schumacher. Pembalap Mercedes AMG Petronas sekaligus juara bertahan F1 Lewis Hamilton hebat, tetapi daya pikatnya tidak sebesar Schumacher ataupun Rossi. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]