Ada Jejak Corona di Kemasan Produk Makanan Laut RI, China Lakukan Ini


Sabtu, 19 September 2020 - 10:15:31 WIB
Ada Jejak Corona di Kemasan Produk Makanan Laut RI, China Lakukan Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Otoritas China dikabarkan melarang impor produk makanan laut atau seafood olahan yang berasal dari eksportir Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi temuan jejak Corona di kemasan produk seafood yang diproduksi salah satu produsen Indonesia.

Dikutip dari laman Strait Times, laporan mengenai temuan jejak virus Corona ini disampaikan oleh otoritas bea cukai China. Hingga kini, perusahaan yang berbasis di Sumatera Utara itu belum memberikan komentar lebih lanjut terkait insiden tersebut.

China sendiri telah memperketat masuknya produk impor dan makanan beku di masa pandemi COVID-19. Pihak berwenang telah melakukan penyelidikan terhadap makanan laut impor, daging, sejak Juni lalu.

Di awal September, otoritas bea cukai China melaporkan ada enam sampel produk impor yang dinyatakan positif memiliki patogen virus Corona dari 500 ribu sampel yang diperiksa. China juga sebelumnya melarang impor beberapa makanan dari perusahaan asal Ekuador dan Brasil.

Administrasi umum bea cukai China, Bi Kexin mengatakan sampel yang diambil dari kemasan udang Whiteleg yang diimpor di pelabuhan Dalian dan Xiamon terpapar virus. Kendati demikian, ia mengatakan jejak virus pada udang tidak menularkan produk impor lainnya dari ketiga perusahaan tersebut.

Meskipun Food and Drug Administration telah mengklaim bahwa sebenarnya tidak ada bukti bahwa COVID-19 dapat ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan tertentu, para peneliti China mengklaim masih menemukan virus corona pada salmon beku yang bisa menular dan bertahan selama lebih dari seminggu.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:03:51 WIB

    Wah, di Abu Dhabi Ada Jalan Presiden Jokowi

    Wah, di Abu Dhabi Ada Jalan Presiden Jokowi HARIANHALUAN.COM-Jalan "Presiden Joko Widodo" di Abu Dhabi diresmikan oleh Pemerintah Uni Emirat Arab..
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 08:58:39 WIB

    Mendadak Jepang-AS Kuatkan Militer, Ini Tujuannya

    Mendadak Jepang-AS Kuatkan Militer, Ini Tujuannya HARIANHALUAN.COM-Lingkungan keamanan kawasan yang semakin parah telah mendorong  Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat (AS) sepakat pentingnya penguatan aliansi kedua negara untuk stabilitas di kawasan Asia Pasifik..
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 08:46:48 WIB

    Kanada Batalkan Ekspor ke Turki, Erdogan Marah Besar

    Kanada Batalkan Ekspor ke Turki, Erdogan Marah Besar HARIANHALUAN.COM-Penangguhan ekspor beberapa teknologi pesawat tanpa awak (Nirawak) ke Turki oleh Kanada, membuiat Presiden Turki Tayyip Erdogan marah besar. .
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 10:29:52 WIB

    Mencengangkan! Ini Hasil Penelitian WHO terhadap Remdesivir

    Mencengangkan! Ini Hasil Penelitian WHO terhadap Remdesivir HARIANHALUAN.COM - Penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan obat anti-virus Remdesivir hanya sedikit atau sama sekali tidak berdampak pada tingkat keselamatan pasien Covid-10. WHO menguji empat obat Covid-19..
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:56:17 WIB

    Pengadaan Vaksin Covid-19 Indonesia akan Dibantu Badan WHO

    Pengadaan Vaksin Covid-19 Indonesia akan Dibantu Badan WHO HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan salah satu lembaga di bawah Badan Kesehatan Dunia (WHO) setuju membantu ketersediaan vaksin Covid-19 untuk Indonesia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]