Dandim 0311 Pessel: Butuh Sinergi untuk Penanganan Bencana


Jumat, 18 September 2020 - 20:44:01 WIB
Dandim 0311 Pessel: Butuh Sinergi untuk Penanganan Bencana Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Inf. Gamma Arthadila Sakti mewujudkan rasa kebersamaan dan kordinasi dalam penanganan bencana alam di Pessel. Kegiatan tersebut ditandai dengan foto bersama dengan pihak BPBD Pessel di halaman Kodim 0311 Pessel, Jumat (18/9/2020). (M. Joni)

HARIANHALUAN.COM - Dandim 0311 Pessel, Letkol Inf. Gamma Arthadila Sakti mendukung koordinasi kerjasama penanganan bencana alam di Kabupaten Pesisir Selatan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Hal tersebut disampaikan di ruang Dandim 0311 Pessel, Jumat (18/9/2020).

Menurutnya, Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah yang terpanjang di Sumatra Barat. Daerah ini rawan terhadap berbagai bencana alam seperti, banjir, longsor, air bah, abrasi, gelombang besar dan lainnya. Kondisi ini dapat membuat kerugian bagi masyarakat maupun pembangunan daerah.

Dalam penanganan bencana alam tersebut, sangat perlu koordinasi dengan dinas terkait, kemudian juga membutuhkan partisipasi masyarakat secara bersama dalam mengatasi musibah yang terjadi. "Dengan adanya rasa kepedulian tersebut, berbagai bencana dapat diatasi," kata Dandim 0311 Pessel.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Herman Budiarto menyampaikan beberapa hal dihadapan Dandim 0311 Pessel. Salah satunya tentang situasi kondisi alam dan kerawanannya di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Menurutnya, Pesisir Selatan memiliki geografi wilayah lengkap dengan berbagai  bencana alam  yang sering terjadi seperti, longsor, abrasi pantai, banjir, kebakaran, angin puting beliung dan lainnya. 

"Dengan kondisi jarak daerah  yang cukup jauh serta memanjang mencapai ratusan kilometer. Tentu saja penanganan terhadap bencana membutuhkan koordinasi bersama, termasuk dari BPBD Pessel," kata Herman Budiato. (*)

loading...
Reporter : M. Joni /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]