DPRD Mentawai Minta Diskoperindag Fokus Dampingi UMKM


Jumat, 18 September 2020 - 12:19:40 WIB
DPRD Mentawai Minta Diskoperindag Fokus Dampingi UMKM Suasana Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang Komisi III DPRD Mentawai dengan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Mentawai.

HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai A.K Roberthy Saogo meminta Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Mentawai,  Tahun 2021 lebih fokus melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap pelaku UMKM.

Hal tersebut diungkapkan kepada haluan.com, Kamis (17/09) RDP dengan instansi terkait. Menurut dia minat Masyarakat Mentawai untuk membuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) cukup tinggi, sedikitnya saat ini sudah tercatat sebanyak 1612 UMKM yang kebayakan bergerak dibidang kuliner dan souvenir khas Mentawai.

"Kita di Komisi III tentu akan memobilisasi apa program rencana Diskoperindag untuk Tahun 2021, kemudian kita menyingkronkan permasalah yang ada di lapangan, khusus kendala pelaku UMKM, mulai 2 perizinan samapai pada pemasaran, hal ini yang kita dorong Instansi terkait melakukan pendampingan dan pembinaan, " paparnya. 

Ia menyebutkan masih banyak produk kuliner mentawai yang belum memiliki label halal yang menjadi salah satu faktor terkendalanya pemasaran, ditambah lagi dengan izin usaha lainnya, untuk kata dia pihaknya akan berupaya mencari solusi bagaimana umkm tersebut bisa bangkit lagi.

"Harapan kita semua kendala itu dapat teratasi, sehingga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Mentawai khususnya bagi pelaku umkm, yang selama ini terkesan hanya jalan ditempat, tidak maju-mau, terlebih sekarang adanya wabah penyakit virus corona, tahun 2021 tentu akan kita awasi program ini, sejauh manan nanti realisasinya," timpalnya.

Ia berharap pelaku umkm ikut mendukung upaya pemerintah setempat dalam menyelesaikan persoalan tersebut, dengan cara memperbaiki produksi mulai dari kehigienisannya, kemasan sampai dengan pengolahan produk itu sendiri. (*)

 

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]