Bukit Nan Jombang Koto Baru Pessel Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata dan Lokasi Perkemahan


Jumat, 18 September 2020 - 08:36:12 WIB
Bukit Nan Jombang Koto Baru Pessel Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata dan Lokasi Perkemahan Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Puncak Bukit Nan Jombang Kampung Koto Baru, Nagari Koto Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan berpotensi dikembangkan sebagai objek wisata dan lokasi perkemahan. Tokoh masyarakat setempat mengatakan agar pemda dan dinas pariwisata dapat melakukan survey ke lokasi tersebut.

Tokoh masyarakat setempat, Yusmardi Datuak Mandaro Kayo mengatakan Puncak Bukit Nan Jombang memiliki nuansa keindahan alam yang luar biasa dan masih asri. Dari lokasi itu, pengunjung dapat melayangkan pandangan ke kawasan Mandeh, Batu Kalang, Pantai Sago, Air Terjun Bayang Sani dan Carocok Painan.

Kemudian Puncak Bukit Nan Jombang juga bisa dikemas menjadi lokasi perkemahan dan kegiatan bernuansa alam lainnya. Akan tetapi menurutnya, menuju Puncak Bukit Nan Jombang butuh akses jalan lebih kurang dua kilometer dan bisa lalui kendaraan roda empat. 

"Saat ini warga setempat telah mulai membuka jalan tersebut secara swadaya. Nanti, jalan tersebut berfungsi sebagai jalan ke lokasi wisata Bukit Nan Jombang," katanya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Jumat (18/9).

Warga berharap kepada pemerintah daerah agar dapat melakukan peningkatan jalan itu, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menuju Puncak Bukit Nan Jombang. Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengatakan jika memang layak dikembangkan sebagai objek wisata dan lokasi perkemahan, maka pihak akan melakukan survei ke Kawasan Puncak Bukit Nan Jombang. 

Kemudian membicara langkah-langkah pengembangan objek wisata tersebut dengan pemerintah nagari, unsur-unsur nagari dan pihak terkait lainnya.

"Ya, kita akan mengembangkan potensi pariwisata yang ada dengan melibatkan semua komponen. Tentunya terlebih dahulu dilakukan kajian teknis yang mendalam, sehingga objek wisata yang dikembangkan itu betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat," ucapnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]