3 Kiat Agar Terhindar dari Pembobolan Internet Banking


Jumat, 18 September 2020 - 07:36:50 WIB
3 Kiat Agar Terhindar dari Pembobolan Internet Banking Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan fasilitas internet banking mengingat mulai munculnya modus kejahatan mencuri data pribadi nasabah (phishing).

Seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Jumat (18/9/2020), phising adalah bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi penting, seperti kata sandi (password) e-mail dan kode angka (PIN) kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik yang seolah-olah resmi.

Agar terhindar dari kejahatan siber seperti pembobolan rekening via layanan internet banking, simak tips nya berikut ini.

1. Jangan membagikan PIN ke orang lain

PIN merupakan salah satu fitur keamanan dalam bertransaksi serta faktor yang memungkinkan agar transaksi bisa diproses. Sehingga, membagikan PIN ke orang lain sangat beresiko karena membuka salah satu celah keamanan yang kerap menjadi alasan pembobolan rekening.

2. Berhati-hati dalam melakukan transfer

Berhati-hatilah dalam melakukan transfer, periksa dengan cermat nama penerima maupun nomor rekening yang dituju. Jangan melakukan transfer karena bujuk rayu seseorang. Lalu, pastikan proses transfer ke nomor rekening tujuan penerima sudah benar.

3. Akses internet melalui alamat/ situs resmi

Kalian juga harus memastikan bahwa alamat internet banking yang akan diakses merupakan alamat asli dan resmi ya. Jangan mengakses alamat atau situs yang mencurigakan. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 14:05:52 WIB

    VivoBook Ultra 14 (K413) Dirilis, Harga Mulai Rp8 Jutaan

    VivoBook Ultra 14 (K413) Dirilis, Harga Mulai Rp8 Jutaan HARIANHALUAN.COM - ASUS kembali menawarkan series laptop terbarunya yang diberi nama ASUS VivoBook Ultra 14 (K413). Laptop ini didesain dengan bodi berbahan dasar metal dengan diamond-cut. ASUS menyediakan tiga piihan warna.
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 13:10:05 WIB

    Canggih, Ponsel Masa Depan akan Pakai Biometrik 3D Vena Jari

    Canggih, Ponsel Masa Depan akan Pakai Biometrik 3D Vena Jari HARIANHALUAN.COM - Metode autentikasi biometrik telah menjadi fitur keamanan yang ramai digunakan secara luas dan praktis. Biasanya, autentikasi ini berbentuk pemindai sidik jari (fingerprint scanner) atau pemindai wajah (f.
  • Ahad, 27 September 2020 - 10:48:49 WIB

    Gempa Bisa Dideteksi 3 Hari Sebelumnya, Begini Hasil Penelitian Tim UGM

    Gempa Bisa Dideteksi 3 Hari Sebelumnya, Begini Hasil Penelitian Tim UGM HARIANHALUAN.COM - Tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan sistem peringatan dini gempa bumi yang mampu mendeteksi dan memberikan peringatan gempa. Bahkan sistem ini bisa memprediksi terjadinya gempa bumi yan.
  • Kamis, 24 September 2020 - 20:24:05 WIB

    XL Axiata Salurkan 350 Ribu Paket Internet Gratis untuk Pelajar

    XL Axiata Salurkan 350 Ribu Paket Internet Gratis untuk Pelajar HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus menyalurkan kartu paket data gratis untuk pelajar di berbagai daerah. Khusus untuk Provinsi Lampung, XL Axiata siap menyalurkan 350 ribu paket internet agar segera bisa di.
  • Selasa, 15 September 2020 - 00:05:04 WIB

    Yuk Beli! Ini Handphone Murah Cuma Rp1 Jutaan dengan RAM 3 GB 

    Yuk Beli! Ini Handphone Murah Cuma Rp1 Jutaan dengan RAM 3 GB  HARIANHALUAN.COM - Bagi kalian pencari HP murah dengan performa yang masih bisa diandalkan, deretan perangkat ini bisa kamu pilih. Ada rekomendasi mengenai HP murah RAM 3 GB dengan banderol Rp1 jutaan terbaik September 2020. .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]