Tak Ada Biaya, Sebanyak 3,69% Warga Jambi 'Mogok' Berobat


Jumat, 18 September 2020 - 06:23:43 WIB
Tak Ada Biaya, Sebanyak 3,69% Warga Jambi 'Mogok' Berobat Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Tidak sedikit warga di Indonesia di wilayah pedesaan maupun perkotaan yang sakit, dan memilih untuk tidak berobat jalan lantaran tidak adanya biaya pengobatan.

Lantas, apakah tingginya persentase warga dengan status ini akan mempengaruhi tingkat morbiditas di provinsi tempat tinggal mereka?.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Jumat (18/9/2020), tingkat morbiditas sendiri didefinisikan sebagai derajat kesehatan masyarakat di suatu wilayah. Semakin tinggi persentase morbiditas, maka semakin buruk pula derajat kesehatan penduduk di provinsi tersebut.

Meski demikian, riset dari Lifepal.co.id terhadap data yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS) membuktikan bahwa, persentase jumlah warga di sebuah provinsi yang menolak berobat lantaran tak punya biaya, tidak berkorelasi dengan angka morbiditas di provinsi tersebut.

Menurut data yang dipublikasikan BPS, persentase rata-rata warga yang menolak berobat jalan di tiap provinsi di Indonesia karena ketiadaan biaya berobat mencapai 1,42%.

Melihat data di atas, provinsi dengan persentase tertinggi warga di wilayah kota atau desa yang menolak berobat jalan lantaran tidak memiliki biaya adalah Jambi, dengan angka 3,69%. Persentase ini jelas berada di atas rata-rata nasional, sekaligus menjadi terbesar di antara seluruh provinsi Indonesia.

Akan tetapi, persentase tingkat morbiditas di provinsi ini justru tidak terlalu buruk dan masih berada di bawah rata-rata, yaitu 10,54%.

Provinsi kedua yang berada di bawah Jambi untuk kategori ini adalah Bengkulu. Ada 3,32% dari total penduduk Bengkulu di tahun 2019 yang menolak berobat jalan karena tidak memiliki biaya. Namun, tingkat morbiditas di Bengkulu yang tercatat sebesar 14,25% masih di bawah rata-rata nasional dan hanya menempati posisi ke-16 pada peringkat morbiditas.

Kalimantan Utara dan Jakarta adalah dua provinsi dengan persentase warga yang menolak berobat jalan karena tak punya biaya terkecil.

Di Kalimantan hanya 0,02% dari total penduduk yang tak miliki biaya untuk berobat, sedangkan di Jakarta persentasenya adalah 0,04%. Baik Kalimantan Utara maupun Jakarta juga memiliki tingkat morbiditas di bawah rata-rata. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]