Hadapi Resesi, Siapkan Juga Amunisi Ini Selain Uang Cash


Kamis, 17 September 2020 - 11:10:44 WIB
Hadapi Resesi, Siapkan Juga Amunisi Ini Selain Uang Cash Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Cash is the king menjadi salah satu istilah yang bisa diterapkan dalam kondisi saat ini. Apalagi ekonomi Indonesia terancam resesi akibat adanya pandemi virus corona.

Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini, uang cash memang sangat penting untuk dimiliki pada situasi seperti saat ini. Namun, perlu juga alternatif pembiayaan lain yang harus disiapkan.

Sebab, kata Mike, jika hanya mengandalkan uang cash dalam hal ini berupa dana darurat tidak akan cukup untuk mengcover semua kebutuhan. Mengingat kebutuhan di saat pandemi ini sangat besar.

“Tapi kan tidak semuanya kalau kita hanya mengandalkan cash saja kebutuhan yang namanya emergency itu tidak bisa ditebak berapanya karena itu jika tidak bisa kalau kita hanya mengandalkan cash saja kebutuhan akan cash itu akan sangat besar," ujarnya dilansir dari Okezone, Kamis (17/9/2020).

Sebagai contohnya, perlu persiapan dana darurat. Dana darurat bisa berupa uang cash ataupun tabungan yang mudah dicairkan segera.

Lalu ada juga dana untuk investasi, namun harus yang sifatnya konservatif atau aman. Lalu ketiga, masalah asuransi minimal untuk mengcover kebutuhan yang sifatnya untuk kesehatan.

"Yang harus kita sediakan tadi ya dana darurat tadi gabungan dengan investasi kita. Kalau mengandalkan itu akan sangat besar. Oleh karena itu disiasati dengan adanya asuransi," kata Mike. 

Menurut Mike, nantinya likuiditas yang akan digunakan untuk menghadapi situasi tersulit seperti resesi ekonomi karena pandemi. Sehingga pada saat situasi seburuk apapun sudah bisa tercover seluruhnya.

Misal ketika terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau usaha bangkrut, tidak perlu pusing-pusing. Sebab sudah ada dana darurat dan investasi tadi yang siap dicairkan untuk biaya hidup.

"Likuiditas itu dalam konteks kalau situasi terburuk terjadi. Kita mesti survive gitu. Survivenya paling bagus memang kalau kita punya uang tunainya. Cuma kondisi survival ini tidak ada batasnya. Bisa makin panjang, bisa pendek tapi besar banget daruratnya. Makanya tergantung situasi daruratnya seperti apa," kata Mike. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 08:36:45 WIB

    Pemerintah Akui Kewalahan Hadapi Hoaks

    Pemerintah Akui Kewalahan Hadapi Hoaks HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengakui, pemerintah selama ini kewalahan menghadapi berbagai disinformasi dan hoaks yang beredar di media sosial. Di era perkembangan teknologi saat ini, media sosial menj.
  • Rabu, 21 Oktober 2020 - 08:12:55 WIB

    Simak Pesan Satgas Covid-19 Ini untuk Hadapi Libur Panjang saat Cuti Bersama 28-30 Oktober

    Simak Pesan Satgas Covid-19 Ini untuk Hadapi Libur Panjang saat Cuti Bersama 28-30 Oktober HARIANHALUAN.COM - Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus, sebagai dampak libur panjang akhir Oktober ini. Satgas Penanganan Covid memberikan beberapa arahan untuk mencegah hal ters.
  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:15:14 WIB

    Hadapi Kasus Dugaan Hina NU, Gus Nur Akan Didampingi FPI

    Hadapi Kasus Dugaan Hina NU, Gus Nur Akan Didampingi FPI HARIANHALUAN.COM - Sugi Nur Raharja alias Gus Nur dan tim penasihat hukum menyatakan siap menjalani proses hukum, atas pelaporan dirinya terkait pernyataan pada video YouTube Refly Harun berjudul 'Setengah Jam Bersama Gus Nur.
  • Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:24:32 WIB

    Hadapi Revolusi Industri 4.0, Samsung Gelar SIC Project Competition 2020

    Hadapi Revolusi Industri 4.0, Samsung Gelar SIC Project Competition 2020 HARIANHALUAN.COM - Revolusi Industri 4.0, memunculkan pemanfaatan teknologi baru dan kategori pekerjaan yang belum pernah ada sebelumnya. Dalam The Future of Jobs Report 2018 yang dirilis oleh World Economic Forum, kategori p.
  • Ahad, 27 September 2020 - 14:54:05 WIB

    Menlu Retno Sebut Multilateralisme Solusi Terbaik Hadapi Tantangan Global

    Menlu Retno Sebut Multilateralisme Solusi Terbaik Hadapi Tantangan Global HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menilai di tengah pandemi COVID-19 dan situasi global yang tidak menentu, seluruh negara memiliki tanggung jawab untuk  menjadi bagian dari solusi guna mencapai perda.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]