Bahaya yang Mengintai Jika Menurunkan Masker ke Dagu


Rabu, 16 September 2020 - 18:45:50 WIB
Bahaya yang Mengintai Jika Menurunkan Masker ke Dagu Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Jumlah kasus virus Corona atau Covid-19 kian meningkat. Dengan menggunakan masker merupakan salah satu protokol penegahan tertular virus Covid-19.

Seperti dilansir dari Wowmenariknya.com, Rabu (16/9/2020), beberapa penelitian menyebutkan bahwa risiko terpapar virus Covid-19 hanya 0,5% apabila seseorang menggunakan masker dengan benar. Karena masker sangat ampuh menghindari penularan virus Covid-19 melalui mulut dan hidung.

Meskipun saat ini kebanyakan kita sudah menggunakan masker, tapi tidak sedikit juga yang belum paham dalam menggunakannya dengan benar. Sebagai contoh banyak yang menurunkan masker ke arah dagu. Biasanya hal ini dilakukan pada saat hendak makan, minum, atau saat berbicara supaya memudahkan komunikasi dengan orang lain.

Kebiasaan menurunkan masker ke arah dagu, bisa meningkatkan penyebaran virus Covid-19.

Shan Soe Lin seorang dosen Yale Jackson Institute for Global Affairs, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa masker yang telah digunakan dan diletakkan pada dagu bisa meningkatkan penyebaran virus Covid-19 dengan dua cara.

Cara pertama adalah melalui hidung dan mulut, karena saat masker diturunkan pada dagu tidak ada lagi perlindungan di area tersebut.

Cara yang lain adalah masker yang sudah digunakan tersebut sudah kotor dihinggapi kuman dan bakteri akibat beraktivitas sehingga saat makser tersebut di dagu, kuman dan bakterinya mudah terhirup melalui hidung.

Oleh karena itu, Soe Lin menyarankan tidak meletakkan masker pada dagu demi alasan kesehatan. Alangkah lebih baik apabila masker tersebut langsung dilepas dari wajah dan langsung dibuang dan menggantikannya dengan masker baru agar lebih steril.

Bijaksanalah dalam menggunakan masker ya, jangan lupa ingatkan teman atau orang lain yang menurutmu masih salah dalam menggunakan masker. Supaya langkah menghindari penularan virus covid-19 berhasil dilakukan. (*)

loading...
 Sumber : Wowmenariknya.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 23:12:45 WIB

    Positif Covid Harus Segera Berobat, Ini Bahayanya Jika Tidak

    Positif Covid Harus Segera Berobat, Ini Bahayanya Jika Tidak HARIANHALUAN.COM - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo meminta agar masyarakat yang diketahui positif virus corona (Covid-19) harus segera mendapatkan penanganan agar tidak berakibat fatal. .
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 09:12:50 WIB

    Studi Ini Ungkap Bahaya Minum Kopi saat Belum Sarapan

    Studi Ini Ungkap Bahaya Minum Kopi saat Belum Sarapan HARIANHALUAN.COM - Tak lengkap rasanya bagi banyak orang jika tidak minum kopi di pagi hari. Bahkan beberapa meminumnya saat perut kosong. Mulai sekarang sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Penelitian baru dari Center for N.
  • Kamis, 24 September 2020 - 21:46:42 WIB

    Hati-hati, Ini Bahaya Tidak Sikat Gigi Sebelum Tidur

    Hati-hati, Ini Bahaya Tidak Sikat Gigi Sebelum Tidur HARIANHALUAN.COM - Anda perlu khawatir jika melupakan sikat gigi sebelum tidur. Sisa-sisa sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan yang mungkin Anda tidak menyadari "tersimpan" di dalam mulut di antara gigi Anda..
  • Ahad, 20 September 2020 - 15:21:52 WIB

    Suka Makan Leher dan Kepala Ayam? Simak, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

    Suka Makan Leher dan Kepala Ayam? Simak, Ini Bahayanya untuk Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Kepala ayam memang punya penggemar sendiri. Sensasi seru makan kepala ayam ternyata tak selalu menguntungkan, ada bagian yang justru berbahaya..
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 15:09:35 WIB

    Hati-hati, Covid-19 pada Mereka Ini Berisiko Gangguan Jantung dan Bahayakan Nyawa

    Hati-hati, Covid-19 pada Mereka Ini Berisiko Gangguan Jantung dan Bahayakan Nyawa HARIANHALUAN.COM -- Hati-hati untuk para pasien Covid-19 yang sebelumnya sudah memiliki hipertensi, atau ada riwayat penyakit jantung dan strok serta diabetes, karena mereka berisiko mengalami gangguan kondisi jantung. Hal in.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]