Dua Kasus Positif Covid-19, Ratusan Pegawai RSJ HB Saanin Padang Ikut Tes Swab


Senin, 07 September 2020 - 13:01:08 WIB
Dua Kasus Positif Covid-19, Ratusan Pegawai RSJ HB Saanin Padang Ikut Tes Swab Direktur RSJ HB Saanin Padang, drg. Ernoviana.

HARIANHALUAN.COM - Pasca ditemukannya dua orang staf di IGD RSJ HB Saanin Padang terkonfirmasi positif Covid-19, manajemen rumah sakit tersebut langsung melakukan tes swab terhadap pegawainya berdasarkan hasil dari tracing. Setidaknya, sekitar 106 pegawai di RSJ HB Saanin Padang menggelar tes swab di rumah sakit tersebut guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Tadi pagi kita sudah melakukan tes swab terhadap 106 pegawai yang kontak erat ataupun pernah bertemu dengan dua staf yang terkonfirmasi positif tersebut. Kita langsung gerak cepat untuk mencegahnya agar tidak menyebar kepada pegawai yang lain," kata Direktur RSJ HB Saanin Padang, drg. Ernoviana saat ditemui harianhaluan.com, Senin (7/9/2020) siang. 

Selain itu, Ernoviana menjelaskan, penutupan yang dilakukan terhadap Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit tersebut juga menjadi salah satu cara untuk pencegahan atau sebaran Covid-19 tidak meluas. Rencananya, penutupan itu akan dilakukan hingga kondisi di rumah sudah kondusif dan angka positif Covid-19 dinyatakan tidak ada lagi. 

"Layanan IGD memang sementara ini ditutup dulu hingga penyebaran Covid-19 di rumah sakit ini tidak ada lagi. Saat ini, dua pegawai itu sudah diisolasi dan ratusan pegawai lain juga sudah dites. Jika besok pagi hasilnya negatif, IGD akan kita buka lagi," jelasnya. 

Disebutnya, karena pelayanan IGD ditutup, maka pemeriksaan pasien yang datang di IGD akan dihentikan terlebih dahulu. Untuk pelayanan atau poli lainnya tetap dibuka untuk pasien. “Namun yang pasti di semua pelayanan wajib menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, face shield, menjaga jarak dan penyediaan tempat cuci tangan,” sebutnya.

Sebelumnya, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof HB. Saanin Padang menutup sementara pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) menyusul ditemukannya 2 orang pegawai yang dinyatakan positif Covid-19, Minggu (6/9/2020). Penutupan layanan di IGD RSJ HB. Saanin Padang dilakukan untuk langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan RSJ dan fokus dalam upaya tracing. (*)

loading...
Reporter : Agoes Embun /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]