Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi


Jumat, 04 September 2020 - 13:50:49 WIB
Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi Fauzan Haviz menyerahkan surat peringatan ke II kepada KPU Bukittinggi, Kamis (4/9).

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Tidak mengindahkan surat peringatan pertama, akhirnya Fauzan Haviz melayangkan surat peringatan kedua kepada KPU Bukittinggi terkait dengan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Padang No. 108/Pdt.G/2018PN.Pdg  dan diperkuat oleh putusan Mahkamah Agung No.460 K/Pdt.Sus-Parpol/2019.

Putusan tersebut, dimenangkan Fauzan Haviz sebagai pengurus sah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bukittinggi. Namun, baik DPW PAN Sumbar maupun KPU Kota Bukittinggi belum menjalankan putusan itu.

"Surat Peringatan itu diberikan kepada KPU Bukittinggi untuk menghindari pelanggaran hukum lebih lanjut atas tidak dipatuhinya putusan pengadilan, yang telah menghilangkan hak saya untuk dipilih dalam pemilihan umum yang telah diatur dalam pasal 43 ayat 1 nomor 39 tahun 1999," kata Fauzan kepada wartawan usai menyerahkan surat peringatan kedua, Kamis (3/9).

Oleh sebab itu, dia meminta KPU Bukittinggi untuk tidak menerima SK lain, hingga pihak pihak terkait mematuhi putusan PN Kelas I A Padang dan putusan Mahkamah Agung.

Jika KPU Bukittinggi tidak menghormati dan mengindahkan putusan tersebut, maka dia akan mengambil langkah hukum sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku sebagaimana diatur dalam pasal 421 KUHP.

"Sebenarnya, KPU Bukittinggi ataupun pihak terkait telah mengetahui putusan Mahkamah Agung bahwa yang berhak menjadi Ketua DPD PAN Bukittinggi adalah saya," tegas Fauzan mantan anggota DPRD Bukittinggi 2 periode.

Selain itu tambahnya, KPU Bukittinggi telah mendapat teguran keras dari DKPP. Bahkan Ketua KPU Bukittinggi sebelumnya diganti karena terbukti Ketua KPU melakukan tindakan yang tidak dibenarkan secara hukum dan etika.

"Nah, sekarang, kita tidak ingin ada lagi peristiwa yang muncul di Pilkada Bukittinggi saat ini. Mudah mudahan Pilkada ini berjalan baik baik saja. Untuk pencalonan kepala daerah  yang dilaksanakan  ini. Saya minta KPU Bukittinggi bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku," ulasnya.

Terpisah, Ketua KPU Bukittinggi Heldo Aura ketika dihubungi Haluan, Jumat (4/9) menyebutkan permasalahan tersebut merupakan masalah internal PAN dan tidak ada sangkut pautnya dengan KPU.

Menurutnya, dalam pencalonan Kepala Daerah yang dilaksanakan ini, KPU Bukittinggi akan berpedoman kepada  aturan KPU RI, sesuai dengan KPT No 394 KPU RI.

"Kita dalam menerima pendaftaran berdasarkan SK pengurus partai kab/ kota yang disampaikan DPP masing masing partai ke KPU RI, dan KPU RI menurunkan ke KPU kab/kota melalui Silon. Itulah pedoman  kita dalam menerima pendaftaran Paslon," ungkapnya.

Awal permasalahan yang dihadapi Fauzan Haviz adalah dualisme kepemimpinan Ketua DPD PAN Bukittinggi, pasca keluarnya SK dari DPW PAN Sumbar yang mengangkat Rahmi Brisma sebagai Ketua DPD PAN Bukittinggi.

Sedangkan, sebelumnya telah ada pula SK dari DPW PAN Sumbar dengan Ketua Fauzan Haviz. Merasa terzalimi, kemudian Fauzan Haviz mengadukan permasalahan tersebut ke Mahkamah Partai dan Mahkamah Partai memenangkan, atau mengakui bahwa pengurus yang sah itu adalah Fauzan Haviz.

Karena DPP dan DPW PAN Sumbar tidak juga mengindahkan putusan Mahkamah Partai, maka Fauzan Haviz membawa masalah ini ke pengadilan, dan akhirnya sampai ke proses kasasi di MA, dan dimenangkan Fauzan Haviz, dengan keluarnya putusan MA No : 460K/Pdt.Sus-Parpol/2019.

Selanjutnya, Fauzan Haviz juga membawa masalah itu ke Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) karena KPU dan Bawaslu Bukittinggi, tidak mengakui kepengurusan Fauzan Haviz saat pendaftaran Pileg 2019 lalu. Akhirnya DKPP memutuskan bahwa KPU dan Bawaslu Bukitinggi telah melakukan tindakan yang tidak dibenarkan oleh hukum dan etika. Sehingga dari hasil putusan DKPP itu, memberhentikan Benny Azis sebagai Ketua KPU Bukittinggi.

loading...
Reporter : Yusril /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]