Sumbar Sangat Pancasilais, Andre Rosiade: Mba Puan Harus Klarifikasi Ucapannya


Jumat, 04 September 2020 - 11:43:14 WIB
Sumbar Sangat Pancasilais, Andre Rosiade: Mba Puan Harus Klarifikasi Ucapannya Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade meyakini, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani tak bermaksud mendiskreditkan warga Sumbar dengan ucapannya soal Pancasila. Namun, saat ini banyak warga Sumbar yang tersinggung dengan ucapannya yang mengaku berharap Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila. 

“Kami yakin, Mba Puan yang juga Ketua DPR RI ini tidak memiliki niat menyebut orang Minang atau Sumbar tidak Pancasilais. Saya berprasangka baik saja. Mungkin karena PDI P kalah di Sumbar saat Pileg kemarin. Namun, karena sudah sangat viral dan meresahkan di Sumbar, secepatnya saja mengklarifikasinya,” kata Anggota DPR RI Dapil Sumbar 1 ini, Kamis (3/9). 

Andre Rosiade menjelaskan, dari 9 perumus Pancasila yang berawal dari Panitia Sembilan, tiga di antaranya adalah orang Sumbar. Seperti M Hatta, Agus Salim dan Muhammad Yamin. “Bahkan, kakek Mba Puan sendiri, Bung Karno sangat menghormati orang Minang. Tak ada sedikit pun keraguannya dengan jiwa Pancasila orang Minangkabau,” kata Anggota Komisi VI DPR RI ini. 

Seperti diketahui, Panitia Sembilan adalah kelompok yang dibentuk pada tanggal 1 Juni 1945, diambil dari suatu Panitia Kecil ketika sidang pertama BPUPKI. Panitia Sembilan dibentuk setelah Ir. Soekarno memberikan rumusan Pancasila. “Kami tunggu niat baik dari Mba Puan memberikan klarifikasi, agar masalah ini tidak berlarut-larut,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. 

Andre juga mengungkap pasangan cagub-cawagub Sumbar usungan Partai Gerindra, Nasrul Abit-Indra Catri sangat pancasilais. Dia pun mengambil contoh saat Nasrul Abit mendatangi warga Sumatra Barat saat kejadian di Wamena September 2019 lalu. 

"Pak Nasrul Abit saya rasa sangat pancasilais. Kenapa lebih pancasilais? Di saat warga Minang dibantai di Wamena, Papua, pak Nasrul Abit satu-satunya yang berani datang untuk selamatkan warga Minang di Wamena," ujar Andre.

Andre juga berani menjamin dari ujung kaki sampai ujung rambut bahwa Nasrul Abit bisa membuat Sumbar lebih pancasilais ketimbang cagub yang lain. “Pada intinya, kami yakin orang Minang sangat pancasilais," ungkap Andre.

Sebelumnya diketahui, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani berharap Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila. Hal itu ia sampaikan saat mengumumkan pasangan bakal calon kepala daerah yang didukung PDIP di Pilkada Serentak 2020. Puan tak menjelaskan maksud pernyataan tersebut. (*)

loading...
 Sumber : relis /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]