Pemkab Pessel Komitmen Perkuat Jaga Keasrian Kawasan Wisata Mandeh


Jumat, 04 September 2020 - 11:01:46 WIB
Pemkab Pessel Komitmen Perkuat Jaga Keasrian Kawasan Wisata Mandeh Kawasan Wisata Mandeh.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan berkomitmen kuat untuk menjaga keasrian dan kelestarian kawasan Wisata Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan. Upaya itu dilakukan karena kawasan tersebut merupakan salah satu destinasi wisata unggulan berskala Nasional yang juga dikenal dengan surga tersembunyi.

Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Jumat (4/9/2020). Hendrajoni mengatakan kawasan wisata Mandeh tersebut telah menjadi fokus pembangunan oleh pemerintah pusat. "Dari itu Kawasan Mandeh harus terbebas dari berbagai aksi pengrusakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Tujuannya supaya keasrian dan kelestariannya tetap terjaga sepanjang masa," katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa masyarakat Pesisir Selatan patut berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah menggelontorkan anggaran yang cukup besar untuk pengembangan kawasan itu. Seperti pembangunan ruas jalan beserta insfrastruktur lainnya. "Sebagai masyarakat Pesisir Selatan, tugas kita adalah menjaga agar kawasan yang dijuluki surga tersembunyi terpopuler itu terbebas dari berbagai aksi pengrusakan untuk kepentingan oknum tertentu," tegasnya.

Hendrajoni menambahkan bahwa aksi pengrusakan lingkungan dengan berbagai dalih bila terjadi di kawasan itu tidak akan ditolerir. Sebab, komitmen menjaga kawasan tersebut tetap asri kata dia merupakan tanggungjawab pemerintah daerah dan masyarakat. "Sebab bila itu diabaikan, bisa berimbas kepada kelangsungan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Berdasarkan hal itu, maka pihaknya bersama jajaran terus mengimbau semua pihak agar tidak merusak lingkungan. Sedangkan bila ada investor yang ingin melakukan pembangunan di kawasan wisata harus mengajukan izin, dan diproses sesuai aturan yang berlaku. Pemkab tidak akan mempersulit investor yang akan melakukan investasi di sektor pariwisata, bahkan mereka diberikan kemudahan, jaminan keamanan dan kepastian hukum. 

"Walau demikian, prosesnya harus tetap mengacu kepada aturan yang berlaku," sebutnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 23:46:12 WIB

    Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Solsel Gencarkan Tes Swab Massal

    Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Solsel Gencarkan Tes Swab Massal HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) sesuai instruksi Pjs Bupati Jasman Rizal gencar lakukan uji swab massal. Hal ini diyakini sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kabup.
  • Sabtu, 10 Oktober 2020 - 09:10:03 WIB

    Pemkab Pessel Kembangkan Agrowisata dan Ekowisata Pertanian

    Pemkab Pessel Kembangkan Agrowisata dan Ekowisata Pertanian HARIANHALUAN.COM - Besarnya potensi sektor pertanian yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), ternyata tidak hanya sekedar menjadikannya sebagai lumbung padi di Sumbar. Sekarang ini, Kabupaten Pesisir Selatan ju.
  • Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:16:18 WIB

    Perda AKB Segera Diterapkan, Pemkab Solsel Maksimalkan Swab Gratis

    Perda AKB Segera Diterapkan, Pemkab Solsel Maksimalkan Swab Gratis HARIANHALUAN.COM - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan (Solsel) Jasman Rizal menyatakan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) mula.
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:40:22 WIB

    Jelang 10 Oktober 2020, Pemkab Padang Pariaman Gencar Sosialisasikan Perda AKB

    Jelang 10 Oktober 2020, Pemkab Padang Pariaman Gencar Sosialisasikan Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumatra Barat, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melakukan koordinasi dan sosialisasi bersama dengan Tim Sosialisasi V Peraturan Daerah Adaptasi Kebia.
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 20:57:21 WIB

    Melalui CSR, Pemkab Solsel Bantu Sembako untuk 180 KK

    Melalui CSR, Pemkab Solsel Bantu Sembako untuk 180 KK HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) serahkan bantuan yang berasal dari CSR perusahaan di daerah itu kepada 180 Kepala Keluarga (KK). Diantaranya berupa beras sebanyak 1,8 ton dan minyak goreng seban.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]