Dugaan Penganiayaan Salah Satu Warga Binaan Rutan Anak Air, Karutan: Polisi Sedang Melakukan Penyelidikan 


Kamis, 03 September 2020 - 15:07:11 WIB
Dugaan Penganiayaan Salah Satu Warga Binaan Rutan Anak Air, Karutan: Polisi Sedang Melakukan Penyelidikan  Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Anak Air, Klas II B Padang, Eri Erawan

HARIANHALUAN.COM -- Penyidik Polresta Padang, selidiki pelaku dugaan penganiayaan kepada salah seorang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Anak Air Padang. Penyelidikan berdasarkan laporan Nomor LP/459/B/IX/2020/Resta SPKT-Unit II tertanggal 1 September 2020.

"Kami hanya memastikan kronologis awal terjadinya penganiayaan. Namun untuk pelaku, kami serahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwenang untuk menindaklanjutinya," kata Kepala Rumah Tahanan (Karutan} Anak Air Klas II B Padang, Eri Erawan Kamis (3/9/2020).

Sedangkan untuk korban penganiayaan atas nama Ances Setiawan, telah dilakukan penanganan semaksimal mungkin. Karena yang bersangkutan merupakan tanggungjawabnya sebagai kepala Rutan.

Diakui, kata dia, memang terjadi perkelahian antar warga binaan dalam tahanan yang isinya sebanyak 14 orang. Untuk Ances sendiri telah ditangani secara medis dengan membawanya ke rumah sakit Siti Rahmah.

"Pihak keluarga telah memberikan laporan terhadap warga binaan dan penyidik kepolisian sudah datang ke Rutan untuk melakukan penyelidikan. Jadi kita menyelesaikan permasalahan ini dengan proporsional dan profesional," terangnya.

Ditambahkannya, setelah pelaku ditemukan, selanjutnya akan diajukan kepihak yang berwenang untuk diproses lebih lanjut. Sementara untuk binaan sendiri yang mengalami tindakan penganiayaan, akan diberikan pelayanan semaksimal mungkin.

"Warga binaan dianggap sebagai anak kita sendiri dan akan memberi pelayanan dengan baik. Dari kejadian ini, kita anggap sebagai pelajaran terutama bagi kita," tukasnya lagi.

Untuk sementara waktu, terang Eri, Ances diamanahkan dan dipindahkan di LP Muaro untuk mencegah diskomunikasi antar sesama warga binaan yang satu kamar dengan 14 warga binaan lainnya.

"Pemindahan Ances berdasarkan persetujuan dari kepala pengadilan, kejaksaan dan pimpinan kita kepala divisi, karena Ances saat masih menjalani proses hukum terhadap kasus yang menjeratnya. Sedangkan untuk Ances kondisinya sudah keadaan membaik," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, pihak keluarga Ances didampingi Penasehat Hukumnya telah medatangi SPKT Polresta Padang, untuk mengajukan laporan atas tindakan, diduga dilakukan oleh sesama tahanan di Rutan tersebut.

"Berharap pihak kepolisian Polresta Padang bisa mengungkap pelaku yang telah melakukan penganiayaan tersebut. Berharap, ini bisa jadi pembelajaran ke depannya," kata Penasehat Hukum, Vino Octavia. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]