Klinik Pelatihan Keamanan Pangan LPPM Unand Mendapat Apresiasi


Senin, 31 Agustus 2020 - 19:53:05 WIB
Klinik Pelatihan Keamanan Pangan LPPM Unand Mendapat Apresiasi Klinik pelatihan keamanan pangan bagi produk dosen dan mitra binaan Unand. IST

HARIANHALUAN.COM-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaui Science Techno Park (STP) Universitas Andalas (Unand), menyelenggarakan Pengabdian kepada masyarakat berupa klinik pelatihan keamanan pangan bagi produk dosen dan mitra binaan Unand.

Eli Ratni, Henny Herwina, dan Virtuous Setyaka, dosen Unand dan Anggota KMDM melaporkan, kegiatan dilaksanakan pada Kamis – Jum’at, 27 - 28 Agustus 2020, di Convention Hall Uniand.Kepanitiaan dibantu oleh Tim Manajemen Pasar Rabu Tani (PRT) Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM).

Pelatihan ini diikuti oleh 50-an orang pelaku produksi pangan rumah tangga yang sebagiannya adalah pemasok pada PRT yang selama ini dipasarkan melalui pasarrabutani.com, maupun dijual langsung di Gudang PRT KMDM. S

Pada pembukaan kegiatan ini  Ketua LPPM Unand, Dr. Ing Uyung Gatot S. Dinata, MT mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi bukti kepedulian Universitas Andalas kepada masyarakat khususnya para produsen kecil dan menengah terutama di Salingka Kampus dan di masa pandemi Covid-19. Hal ini juga diapresiasi oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, dan instansi lainnya yang terlibat, karena Unand menginisiasi kegiatan ini yang seharusnya menjadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka, di tengah pemotongan anggaran yang dialokasikan untuk kebutuhan lain di masa pandemi ini. 

Pemateri terdiri dari Kepala DKK Padang, Dr Ferimulyani yang  menyampaikan materi tentang Peraturan Perundang-undangan di Bidang Pangan dan Kebijakan di Kota Padang. 

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan DKK Padang, Dra Novita Latina menyampaikan materi tentang Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) yang bertujuan untuk menghasilkan pangan yang layak, bermutu, aman dikonsumsi, dan sesuai dengan tuntutan konsumen domestik maupun internasional. 

Sedangkan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, menyampaikan materi tentang Keamanan dan  Mutu Pangan, dan Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga  (SPP-IRT). 

Drs. M. Syahrial, APt (Tenaga Ahli), menyampaikan materi tentang Bahan Tambahan Pangan (BTP), yaitu bahan atau campuran bahan yang secara alami bukan merupakan bagian dari bahan baku pangan, ditambahkan ke dalam pangan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk pangan. 

 Kepala Seksi Kefarmasian DKK Padang, Elfi Muthia, SKM, M.Kes., menyampaikan materi tentang Resiko Bahaya Cemaran serta Hygiena dan Sanitasi Industri Rumah Tangga. 

Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang,  Desemberius, SE., MM., menyampaikan materi tentang Perlindungan Konsumen dan Pelabelan.(*)

loading...
 Sumber : Rilis /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]