Warga Positif Covid-19 Bertambah Lagi, Dinkes Pasaman Lakukan 3T


Senin, 31 Agustus 2020 - 14:58:44 WIB
Warga Positif Covid-19 Bertambah Lagi, Dinkes Pasaman Lakukan 3T Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Virus Corona (Covid-19) kembali menjangkiti salah seorang warga di Kabupaten Pasaman. Hal itu berdasarkan laporan Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal. 

Kini, status sebagai zona hijau yang disandang oleh Kabupaten Pasaman sebulan lalu terpaksa dilepas akibat adanya penambahan kasus tersebut. Jika tidak ingin terpapar, warga pun diminta tetap disiplin dan taat mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya. 

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, dr Rahadian Suryanta Lubis, pihaknya akan melakukan 3T terhadap salah seorang warga Bonjol, Pasaman yang dinyatakan positif terinfekasi Virus Corona (Covid-19).

"Kita akan melakukan tracking, tracing dan treatment (3T) terhadap satu orang warga kita (Pasaman), jenis kelamin pria (46), asal Bonjol, pekerjaan anggota Polri yang dinyatakan positif Covid-19 oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, pada Minggu (30/8/2020)," ucap Rahadian, saat dihubungi, Senin (31/8/2020).

Ia mengatakan, satu orang warga Bonjol, yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 oleh tim Gugus Tugas Provinsi Sumbar itu bekerja sebagai anggota Polri. Dia, kata Rahadian, terinfeksi karena kontak dengan pasien positif Covid-19 di RS Bhayangkara.

"Dengan tambahan satu orang dari Bonjol, maka total kasus terkonfirmasi positif di Pasaman sebanyak 6 orang. Dan pasien sembuh berjumlah lima orang," ujar Rahadian. 

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat, Pemkab Pasaman, sudah menggelar 29 kali tes usap (swab) kepada masyarakat di daerah itu. Terakhir, tes swab menyasar ASN di OPD, perangkat nagari, tenaga pengajar dan anggota TNI/Polri.

"Ya, betul sudah 29 kali dilaksanakan. Terakhir, Kamis (27/8) menyasar 1.000 orang. Dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu Bonjol, Lubuksikaping dan Tapus," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]