Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya?


Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:14:14 WIB
Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Perusahaan vaksin China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) optimistis vaksin Covid-19 akan siap digunakan publik pada akhir 2020. Lantas berapa harganya?

Chairman Sinopharm Liu Jengzhen mengatakan biaya untuk vaksin Covid-19 tidak lebih dari 1.000 yuan atau setara US$144,27 (Rp 2,1 juta) untuk dua kali suntikan. Saat ini vaksin Sinopharm sudah memasuki fase akhir dan sedang diuji di Uni Emirat Arab (UAE).

"Vaksin ini tidak akan dijual dengan harga terlalu tinggi. Diperkirakan hanya akan menghabiskan biaya beberapa ratus yuan untuk satu kali suntikan, dan untuk dua kali suntikan biayanya kurang dari 1.000 yuan," ujar Liu Jengzhen kepada Guangming Daily dan dihimpun dari Reuters, Selasa (18/8/2020).

Pemerintah dan produsen obat dunia sedang mengembangkan vaksin Covid-19. Ada lebih dari 20 vaksin yang sudah masuk tahap uji klinis pada manusia. Pada awal bulan ini, Moderna Inc mengatakan biaya untuk satu dosis vaksin antara US$32 hingga hingga US$37.

Bulan lalu, pemerintah AS mencapai kesepakatan untuk memesan 50 juta vaksin corona buatan Pfizer dan mitranya BioNTech SE bila vaksin tersebut efektif dan mampu mengalahkan corona. Biayanya ditaksir US$40 per orang.

China National Biotec Group (CNBG), sebuah unit Sinopharm, telah memindahkan dua strain vaksin menggunakan metode yang sama ke dalam uji coba pada manusia. Pabrik perusahaan di Wuhan dan Beijing jika digabungkan dapat menghasilkan lebih dari dua juta dosis obat setiap tahun. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]