MotoGP Austria Penuh Drama: Dominasi Ducati, Red Flag Berkibar, Rossi Lolos dari Maut


Senin, 17 Agustus 2020 - 08:04:02 WIB
MotoGP Austria Penuh Drama: Dominasi Ducati, Red Flag Berkibar, Rossi Lolos dari Maut Pebalap Ducati Andrea Dovizioso, pebalap Pramac Racing Jack Miller, dan pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir dalam MotoGP Austria Grand Prix di Sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 16 Agustus 2020

HARIANHALUAN.COM - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, keluar sebagai pemenang MotoGP Austria 2020 yang dihelat di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, pada Minggu (16/8/2020). Kemenangan Dovizioso di MotoGP Austria menegaskan bahwa Ducati adalah raja Red Bull Ring.

MotoGP Austria itu sendiri berlangsung seru, penuh drama, sekaligus mengerikan. Berkibarnya red flag akibat insiden mengerikan yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli, serta Valentino Rossi yang lolos dari maut juga mewarnai balapan di Red Bull Ring. 

Sejak masuk kalender MotoGP pada 2016, Ducati selalu meraih kemenangan di sirkuit yang memiliki panjang 4,3 kilometer tersebut. Namun, cerita di Red Bull Ring bukan hanya kemenangan Dovizioso dan dominasi Ducati.
 
Pertegas Raja Red Bull Ring, sejumlah fakta menarik dari GP Austria yang merupakan seri keempat dari rangkaian jadwal MotoGP 2020. 

Andrea Dovizioso dan Ducati penguasa Red Bull Ring Dovizioso menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis pada MotoGP Austria setelah ia melahap 28 lap dengan total waktu 28 menit 20,853 detik. 
Ini merupakan kemenangan ketiga Dovi di MotoGP Austria sekaligus menjaga rekor unbeaten alias tak terkalahkan Ducati di Red Bull Ring sejak 2016. Kemenangan Dovizioso semakin terasa spesial karena menjadi yang ke-50 bagi Ducati di MotoGP.   

Red flag berkibar usai kecelakaan horror Johann Zarco dan Franco Morbidelli Sebuah insiden mengerikan melibatkan Johann Zarco (Esponsorama Racing) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT). Zarco dan Morbidelli terlibat kecelakaan horror di Tikungan 3 pada Lap 8. 

Kecelakaan terjadi akibat Zarco menutup racing line milik Morbidelli. Padahal, posisi Zarco saat itu sudah berada di depan Morbidelli. Kecelakaan tersebut membuat bendera merah berkibar dan balapan dihentikan untuk sementara. 

Balapan MotoGP Austria 2020 tampaknya tidak akan bisa dilupakan oleh Valentino Rossi. Pebalap tim Monster Energy Yamaha itu memang tidak terlibat dalam kecelakaan Zarco dan Morbidelli. Namun, motor mereka berdua hampir saja menimpa Rossi. Rossi sedang melaju di depan Zarco dan Morbidelli ketika dua pebalap tersebut bersenggolan. 

Zarco dan Morbidelli beserta motor mereka terhempas ke gravel. Sementara itu, Rossi yang menunggangi YZR-M1 melintas masuk Tikungan 3. Beruntung, motor Zarco dan Morbidelli tidak menimpa kepala Rossi. 

Padahal, momen masuknya Rossi dan terpelantingnya motor Zarco serta Morbidelli ke dalam trek nyaris bersamaan. Begitu bendera merah dikabarkan dan para pebalap masuk ke paddock, tampak wajah pucat Rossi seakan tak percaya melihat kecelakaan mengerikan yang membuat dirinya hampir celaka.

Kendati demikian, Rossi tetap bisa tampil tenang saat melanjutkan balapan. Ia akhirnya finis di urutan kelima MotoGP Austria, berjarak 5,687 detik dari Andrea Dovizioso yang tampil sebagai juara. (*)

loading...
 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]